Naviatusiva, Naviatusiva (2021) Pencapaian kemampuan pemahaman bukti matematis melalui Strategi Question Student Have (QSH) berbantuan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) dalam pembelajaran online: Penelitian kuasi eksperimen pada mata kuliah geometri mahasiswa semester I program studi pendidikan matematika Tahun 2020/2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan pemahaman bukti matematis mahasiswa yang disebabkan oleh beberapa kendala yang dialami saat pembelajaran online sehingga kualitas pemahaman mahasiswa belum sesuai harapan. Pembelajaran online menggunakan strategi Question Student Have berbantuan LKM menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang mendorong mahasiswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan membangun pemahaman dalam pembuktian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi QSH-LKM dalam pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Posttest-only Design yang melibatkan kelas I-D sebagai kelas eksperimen dan kelas I-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes skhir, dan angket. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (a) Keterlaksanaan aktivitas mahasiswa selama lima pertemuan terkategori sangat baik (87.498%); (b) Pencapaian kemampuan pemahaman bukti matematis mahasiswa dengan menggunakan strategi QSH-LKM lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan model ekspositori ditinjau secara keseluruhan, namun tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman bukti matematis berdasarkan KAG (tinggi, sedang, rendah); (c) Mahasiswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran online dengan strategi QSH-LKM. Dengan demikian, strategi Question Student Have berbantu LKM efektif dalam pembelajaran online sehingga dapat mendorong mahasiswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan membangun pemahaman dalam pembuktian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Question Student Have; Kemampuan Pemahaman Bukti Matematis; Lembar Kerja Mahasiswa; Pembelajaran Online; |
Subjects: | Geometry Geometry > Plane Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Naviatusiva Naviatusiva |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:49 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41083 |
Actions (login required)
View Item |