Nurfitriyani, Riska Febriyanti (2021) Bimbingan agama Islam dengan teknik Coping untuk mengembangkan kemandirian anak di panti asuhan : Penelitian di Panti Asuhan Hasanah Kelurahan Sukaraya Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam setiap kehidupan, pastinya kemandirian menepati posisi yang paling penting dalam mewujudkan kepribadian anak. Faktor yang mempengaruhi kemandirian seseorang yaitu keluarga dan lingkungan yang menjadi penghambat untuk mengembangkan kemandirian pada anak. Oleh karena itu, adanya pembimbing dipanti asuhan sangat penting untuk membantu anak dengan cara membimbing agar dapat mengembangkan kemandiriannya. Panti asuhan hasanah ialah lembaga sosial yang memelihara anak baik anak tidak mampu maupun yang mampu dalam rangka untuk menyantuni dan membimbing anak yatim dan piatu serta dhuafa dengan tujuan untuk menjadikan anak panti mempunyai jiwa yang mandiri dan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) Program Bimbingan Agama Islam Dengan Teknik Coping Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Hasanah ; (b) Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam Dengan Teknik Coping Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Hasanah dan ; (c) Hasil yang di capai dari Bimbingan Agama Islam Dengan Teknik Coping Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Hasanah Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara langsung dan wawancara tertulis melalui penyebaran angket, dan dokumentasi. Penelitian ini didasarkan pada konsep kemandirian sebagai suatu kekuatan internal individu yang diperoleh melalui proses individuasi berupa proses realisasi kedirian dan proses menuju kesempurnaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bimbingan agama Islam yang dilaksanakan di Panti Asuhan Hasanah dapat mengembangkan kemandirian anak dengan baik. Hal tersebut terlihat dengan adanya peningkatan kemandirian pada anak, seperti bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan, dapat melaksanakan kegiatan tanpa diperintah, melakukan sesuatu atas dorongan diri sendiri, dan dapat mengontrol dirinya dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Agama Islam; Coping; Kemandirian |
Subjects: | Applied Psychology Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Riska Febriyanti Nur Fitriyani |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 04:41 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 04:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41154 |
Actions (login required)
View Item |