Zanzabilla, Zanzabilla (2021) Bimbingan Agama Islam melalui Living Values Education dalam meningkatkan kecerdasan emosional: Penelitian di Majelis Taklim Baiti Jannati Komplek Bumi Harapan Rt 4 Rw 13 Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil temuan dilapangan yang dilakukan terhadap jama’ah Majelis Taklim Baiti Jannati yang merupakan ibu rumah tangga memiliki persoalan berkaitan dengan pengelolaan emosi yang tidak stabil sehingga dapat menimbulkan berbagai kesulitan dalam mengatasi persoalan baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. Adanya persoalan yang berkaitan dengan emosi adalah dengan mengelola serta mengembangkan potensi kecerdasan emosional. Adapun di Majelis Taklim Baiti Jannati terdapat sebuah program bimbingan agama Islam melalui metode living values education. Metode tersebut dinilai telah sukses dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada jama’ah Majelis Taklim. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui program, pelaksanaan serta hasil bimbingan agama Islam melalui living values education dalam meningkatkan kecerdasan emosional jama’ah di Majelis Taklim Baiti Jannati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Dzaky (2001: 137) mengemukakan bahwa bimbingan agama Islam merupakan suatu kegiatan pemberian bantuan berupa bimbingan dan pengajaran agar individu mampu mengembangkan potensi keimanan, kecerdasan dan akhlakul karimah individu yang membutuhkan bimbingan, sehingga mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan baik dengan berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan agama Islam melalui living values education merupakan menghidupkan nilai dalam kegiatan sehari-hari jama’ah yang diharapkan dapat menjadi sumber pemecahan masalah pengelolaan emosi untuk mengembangkan serta meningkatkan kecerdasan emosional jama’ah, memiliki dasar pemikiran, tujuan, pembimbing, terbimbing, metode, materi dan media. Tahapan dalam pelaksanaan program diantaranya: pembukaan, persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penutupan. Dari proses pelaksaaan diperoleh hasil bahwa setelah dilaksanakan bimbingan agama Islam melalui living values education terdapat peningkatan kecerdasan emosional jama’ah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan agama Islam melalui living values education telah efektif dilaksanakan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh jama’ah karena berperan besar dalam meningkatkan kecerdasan emosional di Majelis Taklim Baiti Jannati.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Agama Islam; Living Values Education; Kecerdasan Emosional |
Subjects: | Psychology > Organization and Management of Psychology Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Zanzabilla |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 03:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 03:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41186 |
Actions (login required)
View Item |