Bimbingan Agama Islam melalui Living Values Education dalam meningkatkan kecerdasan emosional: Penelitian di Majelis Taklim Baiti Jannati Komplek Bumi Harapan Rt 4 Rw 13 Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kota Bandung

Zanzabilla, Zanzabilla (2021) Bimbingan Agama Islam melalui Living Values Education dalam meningkatkan kecerdasan emosional: Penelitian di Majelis Taklim Baiti Jannati Komplek Bumi Harapan Rt 4 Rw 13 Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil temuan dilapangan yang dilakukan terhadap jama’ah Majelis Taklim Baiti Jannati yang merupakan ibu rumah tangga memiliki persoalan berkaitan dengan pengelolaan emosi yang tidak stabil sehingga dapat menimbulkan berbagai kesulitan dalam mengatasi persoalan baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. Adanya persoalan yang berkaitan dengan emosi adalah dengan mengelola serta mengembangkan potensi kecerdasan emosional. Adapun di Majelis Taklim Baiti Jannati terdapat sebuah program bimbingan agama Islam melalui metode living values education. Metode tersebut dinilai telah sukses dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada jama’ah Majelis Taklim. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui program, pelaksanaan serta hasil bimbingan agama Islam melalui living values education dalam meningkatkan kecerdasan emosional jama’ah di Majelis Taklim Baiti Jannati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Dzaky (2001: 137) mengemukakan bahwa bimbingan agama Islam merupakan suatu kegiatan pemberian bantuan berupa bimbingan dan pengajaran agar individu mampu mengembangkan potensi keimanan, kecerdasan dan akhlakul karimah individu yang membutuhkan bimbingan, sehingga mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan baik dengan berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan agama Islam melalui living values education merupakan menghidupkan nilai dalam kegiatan sehari-hari jama’ah yang diharapkan dapat menjadi sumber pemecahan masalah pengelolaan emosi untuk mengembangkan serta meningkatkan kecerdasan emosional jama’ah, memiliki dasar pemikiran, tujuan, pembimbing, terbimbing, metode, materi dan media. Tahapan dalam pelaksanaan program diantaranya: pembukaan, persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penutupan. Dari proses pelaksaaan diperoleh hasil bahwa setelah dilaksanakan bimbingan agama Islam melalui living values education terdapat peningkatan kecerdasan emosional jama’ah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan agama Islam melalui living values education telah efektif dilaksanakan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh jama’ah karena berperan besar dalam meningkatkan kecerdasan emosional di Majelis Taklim Baiti Jannati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Living Values Education; Kecerdasan Emosional
Subjects: Psychology > Organization and Management of Psychology
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zanzabilla
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:28
Last Modified: 12 Aug 2021 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41186

Actions (login required)

View Item View Item