Penanaman nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal Budaya Sunda untuk mengembangkan Life Skill siswa madrasah: Penelitian Pada Madrasah Aliyah di Kota Bandung

Hasanah, Aan (2015) Penanaman nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal Budaya Sunda untuk mengembangkan Life Skill siswa madrasah: Penelitian Pada Madrasah Aliyah di Kota Bandung. Technical Report. Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Aan_Hasanah_Penelitian_Penanaman_Nilai2_Karakter_Berbasis_Kearifan_Lokal_Budaya_Sunda.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajemukan dan keberagaman bangsa Indonesia adalah aset yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI. Masyarakat Indonesia terkenal dengan karakteristiknya yang ramah, arif, suka menolong, toleransi, saling menghormati dan berbagai perilaku moralitas positif lainnya. Nilai-nilai luhur itu terbentuk dalam perilaku masyarakat bangsa Indonesia karena adanya peran kearifan lokal yang begitu kuat dan membudaya dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, pendidikan karakter melalui kearifan lokal seharusnya mulai diperkenalkan kepada para siswa di sekolah, sehingga dapat mendorong karakter siswa yang unggul dan pada akhirnya memiliki kecakapan hidup (life skill) yang dibutuhkan dalam kehidupan mereka pada zamannya. Berdasarkan latar belakang ini peneliti merumuskan permasalahan yang berfokus pada kebijakan dan peran pemerintah kota Bandung, penanaman jenis nilai-nilai karakter yang berbasis kearifan lokal budaya Sunda di madrasah, proses pendidikan, bentuk-bentuk kecakapan Hidup (life skills) yang dimiliki siswa serta faktor pendorong dan penghambat proses penanaman nilai karakter berbasis budaya Sunda dalam mengembangkan life skills siswa.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Karakter
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:42
Last Modified: 28 Mar 2019 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item