Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada konsep sifat koligatif larutan

Nurhadianti, Cica (2021) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada konsep sifat koligatif larutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada 34 orang mahasiswa semester 2 program studi pendidikan kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa dan menganalisis produk yang dihasilkan mahasiswa, serta menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran daring pada konsep sifat koligatif larutan. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas mahasiswa, lembar kerja mahasiswa, latihan soal sifat koligatif larutan dan soal tes peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran berbasis proyek berdasarkan pada langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek dan langkah-langkah pemecahan masalah. Persentase keterlaksanaan aktivitas mahasiswa secara keseluruhan yaitu 95% dengan kategori sangat baik. Produk yang dihasilkan mahasiswa berupa video percobaan cukup beragam dan menarik serta tidak terdapat mahasiswa yang terlambat mengunggah video percobaan ke aplikasi tiktok. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis proyek memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 36,9 dan rata-rata nilai posttest sebesar 65,4, sehingga peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa termasuk kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,45. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t paired sample menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 13,17, sedangkan ttable yaitu 2,45 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa semester 2 pendidikan kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran daring pada materi sifat koligatif larutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek; Pembelajaran Daring; Kemampuan Pemecahan Masalah; Sifat Koligatif Larutan
Subjects: Chemistry and Allied Science
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Cica Nurhadianti
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:21
Last Modified: 03 Aug 2021 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41332

Actions (login required)

View Item View Item