Konseling individu untuk menangani kecanduan drama Korea : Penelitian pada siswi kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Kota Tangerang, Jl. Raya Villa Tangerang Indah, RT 01/RW 11, Periuk, Kota Tangerang, Banten

Lestari, Anis Puji (2021) Konseling individu untuk menangani kecanduan drama Korea : Penelitian pada siswi kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Kota Tangerang, Jl. Raya Villa Tangerang Indah, RT 01/RW 11, Periuk, Kota Tangerang, Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2180060038)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena kecanduan drama Korea kini marak terjadi di kalangan pelajar khusus nya siswi tingkat SMA. Faktor lingkungan menjadi penyebab paling dominan siswi mengalami kecanduan drama Korea, melihat teman di sekolah yang terlihat asik menonton drama Korea mengakibatkan siswi merasa penasaran dan mulai rutin menonton drama Korea. Kegemaran menonton drama Korea tanpa adanya kontrol diri mengakibatkan siswi menjadi kecanduan terhadap drama Korea. Rasa ingin terus menerus menonton drama Korea tanpa menghiraukan tugas nya sebagai pelajar menjadi salah satu indikasi dan dampak seorang siswi mengalami kecanduan drama Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab dan dampak kecanduan drama Korea pada siswi kelas XI IPA SMAN 15 Kota Tangerang, mengetahui proses konseling individu untuk menangani kecanduan drama Korea pada siswi kelas XI IPA SMAN 15 Kota Tangerang, dan untuk mengetahui hasil konseling individu untuk menangani kecanduan drama Korea pada siswi kelas XI IPA SMAN 15 Kota Tangerang. Teori yang digunakan adalah teori konseling individu, bahwa konseling individu adalah proses pemberian bantuan yang diberikan oleh konselor kepada seorang konseli yang bertujuan untuk membantu konseli menyadari permasalahan yang ia hadapi dan membantu konseli untuk mengentaskan masalah – masalah yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan fakta akurat mengenai konseling individu untuk menangani kecanduan drama Korea pada siswi kelas XI IPA SMAN 15 Kota Tangerang, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konseling individu efektif untuk menangani siswi yang kecanduan drama Korea, dimana terjadinya perubahan positif pada diri siswi berupa mengerjakan PR tepat waktu, mampu mengontrol hasrat untuk menonton drama Korea, dan tidak lagi ke-kurangan waktu tidur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Kecanduan; Drama Korea
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Anis Puji Lestari
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:21
Last Modified: 03 Aug 2021 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41342

Actions (login required)

View Item View Item