Penyelesaian masalah transportasi tak seimbang menggunakan Standard Deviation Method (SDM) dan Average Opportunity Cost Method (AOCM) dengan uji optimalitas menggunakan metode Modified Distribution (MODI)

Fitri, Elfira Nurlaila (2021) Penyelesaian masalah transportasi tak seimbang menggunakan Standard Deviation Method (SDM) dan Average Opportunity Cost Method (AOCM) dengan uji optimalitas menggunakan metode Modified Distribution (MODI). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini penulis mengangkat topik mengenai masalah transportasi tak seimbang menggunakan metode Standard Deviation Method (SDM) dan Average Opportunity Cost Method (AOCM) untuk mendapatkan solusi layak awal, kemudian menggunakan metode Modified Distribution (MODI) untuk uji optimalitasnya. Masalah transportasi yang tak seimbang dapat diselesaikan dengan menambahkan variabel dummy terlebih dahulu pada baris atau kolom yang tak seimbang. Untuk mendapatkan solusi layak awal menggunakan metode SDM adalah dengan menghitung nilai standar deviasi pada setiap baris dan kolom. Kemudian tentukan nilai standar deviasi terbesarnya. Setelah itu alokasikan persediaan barang pada baris atau kolom yang berhubungan. Sedangkan untuk mendapatkan solusi layak awal dengan metode AOCM adalah dengan membentuk matriks baru yang elemen-elemennya adalah nilai rata-rata dari hasil reduksi baris dan reduksi kolom. Setelah itu tentukan penalti dengan mencari selisih dari elemen terkecil pertama dengan elemen terkecil berikutnya pada baris dan kolom. Selanjutnya pilih penalti terbesar, lalu alokasikan persediaan pada baris atau kolom yang berhubungan. Setelah mendapatkan solusi layak awal dari kedua metode tersebut, maka tentukan uji optimalitasnya dengan metode MODI. Dari dua metode ini dapat dikatakan lebih optimal jika hasilnya mendekati atau sama dengan hasil dari uji optimal. Setelah diterapkan pada dua kasus yang diteliti pada tugas akhir ini, metode yang hasilnya lebih optimal adalah metode Standard Deviation Method (SDM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masalah Transportasi; Masalah Transportasi Tak Seimbang; Standard Deviation Method (SDM); Average Opportunity Cost Method (AOCM); Metode Modified Distribution (MODI);
Subjects: Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Elfira Nurlaila Fitri
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:58
Last Modified: 03 Aug 2021 04:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41353

Actions (login required)

View Item View Item