Hawariah, Siti Lia (2021) Analisis nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
Abstract
Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata adalah sebuah karya sastra yang tidak cukup dinikmati, tetapi perlu dipelajari secara ilmiah. Peneliti memilih penelitian novel karena didasari oleh beberapa alasan. Pertama karena belum ada yang meneliti tentang novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Kedua, peneliti menemukan adanya pendidikan karater didalam novel. Ketiga didalam novel sang pemimpi ini menceritakan tokoh utama dan dan kedua sahabatnya untuk meraih mimpinya. Tujuan penelitian ini setidaknya membahas tiga permasalahan: (1) mengetahui unsur intrinsik dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata (2) mengetahui pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. (3) mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dengan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Metode yang digunakan Penelitian ini yaitu metode analysis content atau analisi isi suatu data dengan menggunakan pendekatan penelitian (research approach) kualitatif, yang merujuk pada data-data yang explorative yang kemudian diaplikasikan kepada permasalahan yang diteliti untuk mencapai suatu kesimpulan. Didalam novel sang pemimpi terdapat unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terdiri dari tema, alur, latar, penokohan dan sudut pandang. Tema dari novel sang pemimpi yaitu tentang perjuangan dan kegigihan untuk meraih mimpi. Penokohan dalam novel sang pemimpi ada tokoh utama yaitu Ikal, Arai, Jimbron, Ayah Ikal, Ibu Ikal, Nurmala, Nurmi, Pak Balia, Pak Mustar, Ibu Muslimah, A Kiun, Mei Mei, Pak Cik Basman, Bang Zaitun, Deborah Wong, Mak Cik Maryamah, Capo, Pendeta Geovany, Nyonya Lam Nyet Pho. Sudut pandang dalam novel sang pemimpi karya Andrea Hirata merupakan sudut pandang orang pertama. Latar tempat yang terdapat dalam novel sang pemimpi terdapat di daerah Belitong Sumatera Selatan. Nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel sang pemimpi karya Andrea Hirata dapat di relevansikan kedalam pembelajaran. Terdapat 14 nilai Pendidikan karakter dlam novel ang peimpi karya Andrea Hirata yang diantaranya adalah religus, jujur, toleransi, kerja kerasa, mandiri, demokratis, ingin tahu, tanggung jaawab, dan bersahabat/komunikatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter; Novel Sang Pemimpi; Andrea Hirata; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Lia Hawariah |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 07:21 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 07:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41370 |
Actions (login required)
View Item |