Peran Kelompok Tani Cigaluga dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif di Desa Pasanggrahan Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi

Zakky, Dzikry Muhammad (2021) Peran Kelompok Tani Cigaluga dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif di Desa Pasanggrahan Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu alternatif dalam memecahkan suatu masalah yang ada pada masyarakat baik dalam bidang sosial, ekonomi dan lingkungannya. Pemberdayaan Masyarakat dapat dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan sumberdaya manusia dalam memperbaiki kehidupannya masyarakat. Dalam suatu lingkungan masyarakat tentu memiliki kondisi keadaan dan karakteristik yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat dikatakan berdasarkan dari baik atau buruknya pengelolaan sumber daya manusia, sumber daya alam maupun sumber daya ekonomi. Kelompok tani Cigaluga merupakan salah satu kelompok tani yang berperan aktif dalam proses pemberdayaan masyarakat di kampung Babakan Baru. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana program kelompok tani Cigaluga dalam pemberdayaan masyarakat, bagaimana proses pelaksanaannya dan bagaimana hasil dari program kelompok tani cigaluga dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kelompok tani Cigaluga dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, proses pelaksanaan dan hasil dari program kelompok tani Cigaluga dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Landasan teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan yang dapat diartikan sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan masyarakat supaya dapat bertindak sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan beberapa hak dan tanggung jawab sebagai anggota dari masyarakat. Teori perberdayaan ini dikaitkan dengan teori peran dan pemberdayaan pembelajaran kelompok tani. Penelitian ini merupakan penetian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara penafsiran logika yang dikaitkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat. Proses pelaksanaan pemberdayaan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pendampingan, monitoring dan evaluasi, serta tindak lanjut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa program kelompok tani Cigaluga dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat diantaranya melalui program pelatihan pertanian. Proses pelaksanaan dalam bentuk meningkatkan kualitas sumber daya kelompok tani Cigaluga dan melalui program pelatihan pertanian yang terdiri dari perencaan, pendampingan, monitoring dan evaluasi. Hasil dari pemberdayaan dapat meningkatkan wawasan serta pengetahuan dalam bertani dan memiliki kemampuan dalam mengelola pertanian . Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa kelompok tani Cigaluga dalam pemberdayaan ekonomi melalui program pelatihan pertanian sangat bermanfaat dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kelompok Tani; Ekonomi Masyarakat
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Communities > Community Sociology
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dzikry Muhammad Zakky
Date Deposited: 04 Aug 2021 03:42
Last Modified: 04 Aug 2021 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41390

Actions (login required)

View Item View Item