Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Per Share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakrta Islamic Index (JII) : Studi pada pt. Chaeron Pokphand Indonesia Tbk periode 2010-2019

Djamaludin, Dimas Irawan Tirta (2021) Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Per Share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakrta Islamic Index (JII) : Studi pada pt. Chaeron Pokphand Indonesia Tbk periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandumg.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Dividen adalah pembagian sisa laba bersih perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham atas persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Besarnya jumlah dividen yang diperoleh oleh investor untuk per lembarsaham yang dimiliki dapat dilihat dalam rasio Dividend per Share (DPS). Price Earning Ratio dan Earning Per Share yang tinggi mencerminkan bahwa Dividend Per Share yang dimiliki juga tinggi. Dikatakan bermasalah ketika Price Earning Ratio dan Earning Per Share yang diperoleh tinggi, tetapi Dividend Per Share yang dihasilkan justru rendah ataupun sebaliknya, seperti yang terjadi di PT. Chaeron Pokphand Indonesia, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Price Earning Ratio secara parsial terhadap Dividend Per Share pada PT. Chaeron Pokphand Indonesia, Tbk, pengaruh Earning Per Share secara parsial terhadap Dividend Per Share pada PT. Chaeron Pokphand Indonesia, Tbk, serta pengaruh Price Earning Share dan Earning Per Share secara simultan terhadap Dividend Per Share pada PT. Chaeron Pokphand Indonesia, Tbk. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Price Earning Ratio dan Earning Per Share, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Dividend Per Share yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Chaeron Pokphand Indonesia, Tbk periode 2010-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari pengujian uji t diperoleh hasil thitung<ttabel (-0,044<2,306) yang artinya, terdapat pengaruh negatif secara parsial antara Price Earning Ratio terhadap Dividend Per Share di PT. Chaeron Pokphand Indonesia, Tbk. Diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 0,00%. 2) Dari pengujian uji t diperoleh hasil thitung < ttabel (2,124 < 2,30600) yang artinya, terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial antara Earning Per Share terhadap Dividend Per Share di PT. Chaeron Pokphand Indonesia, Tbk. Diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 36%. 3) Hasil pengujian hipotesis Price Earning Ratio dan Earning Per Share menunjukan hasil perbandingan Ftabel<Fhitung (1,973<4,74) yang artinya, terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan secara simultan antara Price Earning Ratio dan Earning Per Share terhadap Dividend Per Share di PT. Chaeron Pokphand Indonesia, Tbk.Diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 36,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio; Earning Per Share; Dividend Per Share
Subjects: Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dimas Irawan Tirta Djamaludin
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:05
Last Modified: 04 Aug 2021 06:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41397

Actions (login required)

View Item View Item