Penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perubahan Lingkungan

Purnamasari, Rosita and Hidayat, Ara and Maspupah, Meti Penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perubahan Lingkungan. -, - (1). pp. 1-12. ISSN - (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
Jurnal ROSITA PURNAMASARI (1132060070).pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu materi mata pelajaran Biologi yakni materi perubahan lingkungan, materi ini seringkali dianggap sebagai materi yang mudah tetapi membosankan, kemampuan siswa dalam berpikir kritis masih kurang dan kurang dilatih untuk memahami serta menghubungkan konsep dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk membantu hasil kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat(STM) karena model pembelajaran STM merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang memanfaatkan isu-isu lingkungan dalam proses pembelajaran, mampu membentuk individu yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi perubahan lingkungan, dan untuk menganalisis hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat(STM)pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode preeksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 6 (eksperimen 1) dan X MIA 7 (eksperimen 2) SMA Alfa Centauri.Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan model pembelajaran STM pada kelas X MIA 6 memperoleh persentase rata-rata sebesar 89% untuk aktivitas guru dan 87% untuk aktivitas siswa, sedangkan pada kelas X MIA 7 memperoleh persentase sebesar 92% untuk aktivitas guru dan 91% untuk aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik untuk kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model pembelajaran STM terlaksana dengan sangat baik dalam proses pembelajaran. Pada hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran STM pada materi perubahan lingkungan pada kelas X MIA 6 diperoleh nilai rata-rata tes awal (pretest) 33,58% dengan kategori kurang dan tes akhir (posttest) 70,42% dengan kategori baik. Pada kelas X MIA 7 diperoleh nilai rata-rata tes awal (pretest) 42,73% dengan kategori cukup dan tes akhir (posttest) 69,42% dengan kategori baik. Adapun hasil analisis uji hipotesis (uji t) X MIA 6 menunjukkan nilai (18,89) > (2,06) dan pada kelas X MIA 7 nilai (15,59) > (2,06), maka H ditolak dan H diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat membantu hasil berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sains Teknologi Masyarakat (STM), Kemampuan Berpikir Kritis, Perubahan Lingkungan
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 12:47
Last Modified: 23 Jan 2019 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4140

Actions (login required)

View Item View Item