Desitanti, Silfa Azizah (2021) Aktivitas siswa dalam pembelajaran daring berbasis Google Classroom dengan kedisiplinan dalam belajar PAI : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Pemuda Banjaran. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (522kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas kedisiplinan siswa dalam pembelajaran daring di SMP Pemuda Banjaran. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran akan rasa tanggung jawab siswa dalam mengikuti pembelajaran daring yaitu pembelajaran yang dilakukan di rumah. Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang tidak mengisi absensi tepat waktu, tidak mengerjakan tugas, bahkan siswa tidak mengikuti pebelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa dalam pembelajaran daring berbasis Google Classroom 2) Realitas kedisiplinan dalam belajar PAI siswa 3) Realitas kolerasi antara aktivitas siswa dalam pembelajaran daring berbasis Google Classroom dengan kedisiplinan dalam belajar PAI (penelitian pada siswa kelas VII SMP Pemuda Banjaran). Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kedisiplinan belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah aktivitas siswa menggunaan Google Classroom untuk pembelajaran daring. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik aktivitas siswa dalam pembelajaran daring berbasis Google Classroom maka semakin baik pula kedisiplinan dalam belajar PAI mereka begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket dan studi dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi linier, uji kolerasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan: (1) Realitas aktivitas siswa dalam pembelajaran daring berbasis Google Classroom di SMP Pemuda (variabel X) diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,41 yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. (2) Realitas kedisiplinan dalam belajar PAI siswa SMP Pemuda (variabel Y) diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,01 yang termasuk kedalam kategori baik. (3) Realitas kolerasi aktivitas siswa dalam pembelajaran daring berbasis Google Classroom dengan kedisiplinan belajar PAI mereka diperoleh angka koefisien 0,605 yang artinya kolerasi tersebut ada pada kategori sedang atau cukup. Berdasarkan hasil hitung pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung > t tabel yang dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sedangkan dari hasil koefisien kolerasi yang didapat, maka kadar pengaruhnya yakni 30,60% artinya masih terdapat 60,40% faktor lain yang mempengaruhi kedisiplinan dalam belajar PAI mereka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas; Google Classroom; Kedisiplinan Belajar; PAI; Siswa |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Silfa Azizah Desitanti |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 03:59 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 03:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41430 |
Actions (login required)
View Item |