Pesan dakwah dalam film pendek : Analisis semiotika Roland Barthes dalam film pendek Dijemput Hidayah

Solihin, Muhammad Nur Rizal Akbar (2021) Pesan dakwah dalam film pendek : Analisis semiotika Roland Barthes dalam film pendek Dijemput Hidayah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Film pendek “Dijemput Hidayah” merupakan karya dari Indayani Sahara Sitepu ini merupakan sebuah film religi yang terdapat banyak pesan dakwah yang terkandung dalam filmnya. Dakwah dengan menggunakan media film ini akhir-akhir ini mulai marak di lakukan oleh para production house di indoesia, karena mereka mulai menyadari bahwa film bisa juga menjadi media yang sangat efektif dalam menyampaikan nilai- nilai dakwah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang makna denotasi, konotasi, dan mitos pesan dakwah yang terkandung dalam film pendek “Dijempput Hidayah”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes yang mengajukan analisis tentang makna sesungguhnya dalam film, makna yang tersirat dalam film, serta makna yang dipercaya oleh masyarakat. sehingga pesan dakwah dalam film pendek ini dapat teruraikan. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika, secara sederhana semiotika merupakan ilmu yang memperlajari tentang tanda dan makna dalam bahasa, seni, media massa, musik dan setiap produksi yang di buat oleh manusia untuk seseorang atau khalayak banyak. (barthes, 1968:5) yang secara umum bersifat kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa makna denotasi dari setiap adegan yang menggambarkan jika agama islam mengajarkan nilai syariaih dan akhlak kepada sesama manusia. Makna konotasi terdapat dalam beberapa adegan yang menjelaskan bagaimana seorang muslim yang sangat taat beribadah dan memiliki akhlak yang baik terhadap sesama manusia. Makna mitos yang terkandung adalah bagaimana dalam Islam memberikan pandangan memalui penjelasan dalam Al-Qur’an mengenai hidayah yakni bahwasanya hidayah menjadi salah satu petunjuk Allah yang diberikan kepada hambanya sehingga terbuka menerima islam. Hidayah tidak dapat dibeli, tapi ini adalah nikmat Allah yang hanya dianugrahkan kepada hamba-Nya yang dikehendaki-Nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Film; Analisis Semiotika; Dijemput Hidayah
Subjects: Islam > Da'wah
Public Performances > Film Reviews
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Nur Rizal Akbar Solihin
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:57
Last Modified: 12 Aug 2021 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41459

Actions (login required)

View Item View Item