Analisis pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return on Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Indopoly Swakarsa Industry Tbk. periode 2010-2020

Saepudin, Asep (2021) Analisis pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return on Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Indopoly Swakarsa Industry Tbk. periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Return on Assets (ROA) merupakan rasio yang menunjukan seberapa besar kontribusi aset dalam menciptakan laba bersih dan mencerminkan seberapa besar return yang dihasilkan atas setiap rupiah uang yang ditanamkan dalam bentuk asset. Dengan kata lain, rasio ini digunakan untuk mengukur besaran jumlah laba bersih yang akan dihasilkan dari setiap rupiah dana yang tertanam dalam total aset. Salah satu variabel yang dapat memperngaruhinya adalah Total Asset Turnover (TATO) yaitu rasio aktivitas untuk melihat/menghitung perputaran semua aktiva yang dimiliki sebuah perusahaan efektif atau tidak dan Gross Profit Margin (GPM) dapat menunjukan tingkat keuntungan dalam persentase dan harga jual yang dapat diperoleh untuk setiap unit produk Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Total Asset Turnover (TATO) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), pengaruh Gross Profit Margin (GPM) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) dan pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Indopoly Swakarsa Industry Tbk. Periode 2010-2020. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Indopoly swakarsa Industry Tbk. periode 2010-2020. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi, Analisis Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi dan Analisis Uji Hipotesis yaitu menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Total Asset Turnover (TATO) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Asset (ROA) karena berdasarkan penghitungan uji T diperoleh t hitung< t tabel (0,761<2,26216) dan diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 6%. Gross Profit Margin (GPM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA) karena berdasarkan perhitungan uji T diperoleh t hitung > t tabel (2,494 > 2,26216) dengan hasil koefisien determinasi sebesar 40,9%. kemudian Total Aaset Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Asset (ROA) karena berdasarkan pada perhitungan Uji F diperoleh hasil F hitung < Ftabel (3,450 < 4,46) dengan koefisien determinasi sebesar 46,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover (TATO); Gross Profit Margin (GPM); Return on Asset (ROA)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Asep Saepudin
Date Deposited: 05 Aug 2021 01:20
Last Modified: 05 Aug 2021 02:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41467

Actions (login required)

View Item View Item