Septiyanti, Rika (2021) Penerapan model pembelajaran CORE (Chemical Observations, Representations, and Experimentation) pada Materi kesetimbangan kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas mahasiswa secara online, kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja (LK), dan peningkatan representasi mahasiswa setelah diterapkannya model pembelajaran CORE (Chemical Observations, Representations, and Experimementation) pada materi Kesetimbangan Kimia. Pada proses pembelajaran, digunakan media pembelajaran berupa PowerPoint interaktif dan instrumen berupa Lembar Kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest design dan sampel satu kelas sebagai subjek penelitian. Aktivitas belajar mahasiswa yang terkait dengan respon materi yang disampaikan dalam forum online mencapai rata-rata skor keterlaksanaan sebesar 97%. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan tahapan model pembelajaran CORE menggunakan lembar kerja mencapai rata-rata nilai 84, dan kemampuan representasi mahasiswa juga mengalami peningkatan dengan diperolehnya N-gain sebesar 0,3957 dengan interpretasi sedang. Dari hasil uji-t didapatkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan representasi mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran CORE pada materi Kesetimbangan Kimia. Selain itu terdapat peningkatan nilai rata rata hasil pretest sebesar 62,29 terhadap nilai rata-rata posttest sebesar 89,4.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CORE; Representasi Kimia,; Kesetimbangan Kimia |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rika Septiyanti |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 06:12 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 06:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41473 |
Actions (login required)
View Item |