Pola asuh orang tua untuk membentuk akhlakul karimah anak: Penelitian di RW 02 Dan RW 03 Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang

Pertiwi, Anisa Rachma (2021) Pola asuh orang tua untuk membentuk akhlakul karimah anak: Penelitian di RW 02 Dan RW 03 Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses dan hasil dari pola asuh orang tua dalam membentuk akhlakul karimah anak di RW 02 dan RW 03 Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang, khususnya pada anak yang berusia 7-12 tahun. Ada tiga tipe pola asuh ialah otoriter yang menggunakan komunikasi satu arah dan terlalu memaksakan aturan pada anak. Selanjutnya pola asuh demokratis dimana dilakukannya komunikasi dua arah agar anak tidak merasa tertekan dengan aturan orang tua yang sepihak. Lalu pola asuh permisif ialah pola asuh yang kurang mengontrol kepada anak. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui proses pola asuh orang tua untuk membentuk akhlakul karimah anak di RW 02 dan RW 03 Desa Legok Kaler, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang, (2) untuk mengetahui hasil pola asuh orang tua membentuk akhlakul karimah anak di RW 02 dan RW 03, Desa Legok Kaler, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa terdapat tiga tipe pola asuh orang tua yaitu pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif dalam pembentukan akhlakul karimah anak yang mana baik atau buruknya akhlak seorang anak tergantung pada proses pembinaan sejak dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode deskriptif yang dimana metode penelitian ini dengan memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif yaitu memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai pola asuh orang tua untuk membentuk akhlakul karimah anak. Adapun teknik pengambilan data yaitu melalui observasi partisipatif, wawancara , dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian mengenai pembentukkan akhlakul karimah anak merujuk bahwa akhlak anak dipengaruhi oleh pola asuh orang tuanya. Peran orang tua ataupun keluarga sangat berarti untuk tumbuh kembang kepribadian dan akhlak anak. Selain dari faktor pola asuh orang tua, akhlak anak juga dipengaruh oleh faktor lingkungan sekitar rumah, faktor ekonomi dan sosial keluarga, serta faktor pengetahuan orang tua tentang pola asuh yang sesuai dengan karakter anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Akhlakul Karimah Anak; Pembentukan Akhlak
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Anisa Rachma Pertiwi
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:32
Last Modified: 12 Aug 2021 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41528

Actions (login required)

View Item View Item