Bimbingan islami dalam meningkatkan kemandirian pada anak penyandang tunadaksa dengan pelatihan Activity of Daily Living: Penelitian di SLB C Silih Asih Cipadung Kota Bandung

Nurkhalipah, Retno (2021) Bimbingan islami dalam meningkatkan kemandirian pada anak penyandang tunadaksa dengan pelatihan Activity of Daily Living: Penelitian di SLB C Silih Asih Cipadung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Anak berkebutuhan khusus Tunadaksa sama halnya dengan anak normal pada umumnya, hanya saja mereka memiliki kekurangan dalam anggota geraknya sehingga mendapat kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Dalam kondisi seperti ini peran dari guru pembimbing sangat diperlukan dalam membimbing anak Tunadaksa dalam meningkatkan kemandirian dengan memberikan pelatihan khusus dan bimbingan islami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses bimbingan islami dalam meningkatkan kemandirian pada anak penyandang Tunadaksa dengan pelatihan Activity of Daily Living (kegiatan sehari-hari) di SLB C Silih Asih Cipadung Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan dan mendeskripsikan Bimbingan Islami dalam Meningkatkan Kemandirian pada Anak Penyandang Tunadaksa dengan Pelatihan Activity of Daily Living di SLB Csilih Asih Cipadung Kota Bandung. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini didasarkan pada konsep teori kemandirian anak menurut Sa’diyah (2017; 35) adalah kemampuan anak yang mampu melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak. Hasil penelitian membuktikkan bahwa pelaksanaan Bimbingan Islami dalam Meningkatkan Kemandirian pada Anak Penyandang Tunadaksa dengan Pelatihan Activity of Daily Living di SLB C Silih Asih Cipadung Kota Bandung terdapat program, proses dan hasil. Pelatihan Activity of Daily Living ini menggunakan program dan proses untuk untuk mencapai hasil bimbingan yang diharapkan yakni meningkatkan kemandirian anak penyandang Tunadaksa. Diadakannya pelatihan Activity of Daily Living ini supaya dapat memotivasi anak serta menggali potensi kemampuan dalam meningkatkan kemandirian anak agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik, dapat diterima oleh masyarakat sekitarnya serta meningkatkan kepercayaan diri anak yang berlandaskan ajaran islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami; Kemandirian; Tunadaksa; Activity of Daily Living
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Retno Nurkhalipah
Date Deposited: 06 Aug 2021 01:52
Last Modified: 06 Aug 2021 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41555

Actions (login required)

View Item View Item