Bimbingan Islami dengan metode Uswah untuk mereduksi perilaku buruk siswa kelas VII : Penelitian di MTs Serba Bakti Suryalaya

Baroroh, Lutfil (2021) Bimbingan Islami dengan metode Uswah untuk mereduksi perilaku buruk siswa kelas VII : Penelitian di MTs Serba Bakti Suryalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang sering terjadi di dunia pendidikan yaitu permasalahan perilaku buruk pada siswa. perilaku buruk siswa merupakan salah satu dari sekian banyak permasalahan global yang semakin merebak di dunia pendidikan. Masalah perilaku buruk siswa sering dikaitkan dengan penyimpangan dari norma-norma dan hukum yang banyak dilakukan oleh siswa di sekolah, seperti bolos pada saat jam pelajaran, berkata kasar, tidak disiplin, dan mencuri. Perbuatan ini merupakan bentuk-bentuk perilaku buruk pada siswa karena tidak sesuai dengan nilai-nilai agama dan norma-norma di masyarakat. Dengan demikian, dibutuhkan bimbingan islami dengan metode uswah dengan menanamkan nilai-nilai ketaladan yang patut dijadikan contoh oleh siswa agar dapat mereduksi perilaku buruknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program, proses pelaksanaan dan hasil dari bimbingan islami dengan metode uswah untuk mereduksi perilaku buruk siswa kelas VII di MTs Serba Bakti Suryalaya. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa bimbingan islami berfungsi untuk mencegah timbulnya masalah pada seseorang, memecahkan atau menanggulangi masalah yang sedang dihadapi seseorang, memmelihara agar keadaan yang tidak baik menjadi baik dan yang baik menjadi lebih baik. Bimbingan islami yang dilakukan oleh guru BK bekerjasama dengan guru mata pelajaran, wakasek kesiswaan, wali kelas dan pihak pesantren sebagai upaya untuk mereduksi perilaku buruk siswa di MTs Serba Bakti Suryalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan memaparkan dan menggambarkan proses bimbingan islami. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara langsung kepada guru BK dan wawancara tertulis kepada siswa kelas VII melalui penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa program bimbingan islami dengan metode uswah untuk mereduksi perilkau buruk siswa kelas VII yaitu diantaranya program pengajian, riyadhoh dan pembinaan akhlak telah terlaksana dengan baik. Proses pelaksanaan bimbingan islami dengan metode uswah untuk mereduksi perilaku buruk siswa kelas VII meliputi beberapa tahapan yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap penutup. Hasil bimbingan islami dengan metode uswahuntuk mereduksi perilaku buruk siswa kelas VII ditandai dengan berkurangnya perilaku buruk seperti berkurangnya perilaku bolos siswa pada saat jam pelajaran, berkurangnya siswa yang berkata kasar, mencuri dan tidak sopan terhadap guru serta teman sebayanya. Sebagai kesimpulan bahwa metode uswah dalam mereduksi peilaku buruk siswa di MTs Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya setelah diberi bimbingan islami ditunjukan dengan berkurangnya siswa yang melakukan perilaku buruk. Metode uswah bisa mneyimpulkan alternatif untuk mereduksi perilaku buruk siswa melalui keteladanan yang ada pada diri pembimbing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami; Metode Uswah; Perilaku Buruk
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Religious Education
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lutfil Baroroh
Date Deposited: 06 Aug 2021 04:47
Last Modified: 06 Aug 2021 04:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41562

Actions (login required)

View Item View Item