Pengaruh jumlah kas dan piutang lain-lain terhadap Total Aset Lancar pada perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi PT. Semen Indonesia tbk. periode 2010-2019

Azzahra, Isnaeni (2021) Pengaruh jumlah kas dan piutang lain-lain terhadap Total Aset Lancar pada perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi PT. Semen Indonesia tbk. periode 2010-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Total Aset Lancar merupakan total keseluruhan harta perusahaan yang paling likuid dan mudah dicairkan dalam jangka satu tahun. Komponen yang terdapat dalam total aset lancar salah satunya jumlah kas dan piutang lain-lain. Komponen tersebut digunakan sebagai penunjang operasi perusahaan dan dapat mempengaruhi naik atau turunnya Total Aset Lancar Perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa besarnya pengaruh Jumlah Kas secara parsial terhadap Total Aset Lancar, pengaruh Piutang Lain-Lain secara parsial terhadap Total Aset Lancar, pengaruh Jumlah Kas dan Piutang Lain-Lain secara simultan terhadap Total Aset Lancar pada PT. Semen Indonesia Tbk. Kerangka berpikir dalam penelitian ini berdasarkan pada teori bahwa Jumlah Kas dan Piutang Lain-Lain berpengaruh positif terhadap Total Aset Lancar yang artinya ketika Jumlah Kas dan Piutang Lain-Lain naik, maka Total Aset Lancar Mengalami Kenaikan, begitupun sebaliknya ketika Jumlah Kas dan Piutang Lain-Lain turun, maka Total Aset Lancar mengalami penurunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dipublikasikan oleh d PT. Semen Indonesia Tbk. periode 2020-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi, Analisis Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Hipotesis (Uji t dan Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Jumlah Kas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Total Aset Lancar yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 11,5%. Secara parsial Piutang Lain-Lain berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset Lancar yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 70,9%. Secara simultan Jumlah Kas dan Piutang Lain-Lain berpengaruh signifikan terhadap Total Aset Lancar dengan dibuktikan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 80,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Kas; Piutang Lain-Lain; Total Aset Lancar
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Isnaeni Azzahra
Date Deposited: 06 Aug 2021 06:19
Last Modified: 06 Aug 2021 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41567

Actions (login required)

View Item View Item