Pengaruh penerapan strategi belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dan Teknik Baca Kilat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SD Swasta Plus Syania Sumedang

Jailani, Ani (2021) Pengaruh penerapan strategi belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dan Teknik Baca Kilat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SD Swasta Plus Syania Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penerapan strategi belajar PQ4R dan Teknik Baca Kilat terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di lapangan terkait proses dan hasil belajar. Telah didapati bahwa perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI hanya 47% siswa yang mencapai ketuntasan klasikal, sementara yang belum sebanyak 53%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan strategi belajar PQ4R dan Teknik Baca Kilat, 2) Peningkatan hasil belajar menggunakan strategi belajar PQ4R dan Teknik Baca Kilat, 3) Pengaruh strategi belajar PQ4R dan Teknik Baca Kilat terhadap peningkatan hasil belajar, 4) Mendeskripsikan respon tanggapan siswa terhadap strategi belajar PQ4R dan Teknik Baca Kilat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Untuk rancangan dan desainnya menggunakan rancangan pre-experiment dengan desain One Group Pretest Posttest. Dalam penentuan sampel terdiri dari dua kelompok sampel yakni kelas VI B Eksperimen satu untuk variabel X1 (Strategi belajar PQ4R) dan kelas VI A Eksperimen dua untuk variabel X2 (Teknik Baca Kilat). Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Penerapan strategi PQ4R dan Teknik Baca Kilat dilaksanakan sesuai dengan RPP yang merujuk pada sintaks pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakn dengan cara online dan offline. 2) Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen satu sebesar 54% (nilai rata-rata pretest sebesar 55,00 dan posttest sebesar 84,67). Sedangkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dua adalah sebesar 41% (nilai rata-rata pretest sebesar 60,33 dan posttest sebesar 85,00). 3) Hasil uji pengaruh dengan uji paired samples test pada strategi PQ4R diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, terjadi pengaruh sebesar 54%. Sedangkan pada Teknik Baca Kilat diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, terjadi pengaruh sebesar 41%. Artinya keduanya disimpulkan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Kendatipun demikian hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai sig. (2tailed) 0,91>0,05, artinya Ho diterima, dengan kesimpulan “Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara pererapan strategi belajar PQ4R dan Teknik Baca Kilat terhadap hasil belajar siswa”. 4) Hasil uji respon siswa terhadap strategi PQ4R diperoleh skor rata-rata sebesar 85,29 dengan tafsiran sangat positif, dan Teknik Baca Kilat diperoleh skor rata-rata sebesar 80,73 dengan tafsiran sangat positif. Artinya data tersebut menunjukan bahwa penerapan strategi PQ4R dan Teknik Baca Kilat mendapatkan respon sangat positif dari siswa ketika diterapkan di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini strategi PQ4R dan Teknik Baca Kilat direkomendasikan untuk dijadikan alternatif oleh guru di dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar PQ4R; Teknik Baca Kilat; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Qadha dan Qadar, Takdir
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AN Jailani
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:22
Last Modified: 09 Aug 2021 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41569

Actions (login required)

View Item View Item