Identifikasi risiko pada model finansial pembangkit yang diakibatkan karakteristik intermitensi dan non-dispatchable PLTS

Windi Handoko, Dian (2020) Identifikasi risiko pada model finansial pembangkit yang diakibatkan karakteristik intermitensi dan non-dispatchable PLTS. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Konsep PLTS yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Pembangkit tenaga surya memiliki karakteristik intermitensi dan non-dispatchable. Hal ini memang terjadi karena PLTS menggunakan tenaga surya sebagai energi primernya yang kapan saja radiasi matahari tertutup oleh awan tanpa terprediksi sebelumnya, sehingga produksi pembangkit yang dihasilkan tidak selalu maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko pada model finansial PLTS yang diakibatkan karakteristik intermitensi dan non-dispatchable, menentukan dan menganalisis dampak karakteristik intermitensi dan non-dispatchable PLTS pada model finansial pembangkit. Sumber data dari penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari kapasitas PLTS diseluruh dunia dan mengasumsikan di provinsi Gorontalo. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Monte Carlo. Hasil dari penelitian ini menggunakan nilai parameter ekonomi, PV syst, wiring diagram, simulasi monte carlo dengan bantuan crystal ball, dan pengaruh intermitensi terhadap finansial dan dapat disimpulkan bahwa 1) Risiko yang mempengaruhi model finansial PLTS yaitu karakteristik energi matahari karena energi surya tidak selalu ada atau tidak stabil ketika dibutuhkan yang mana energi surya selalu fluktuasi berdampak pada Capacity Factor pembangkit dan tidak bisa menjaga pasokan daya listrik. 2) Dampak Karakteristik Intermitensi Dan Non-dispatchable PLTS Pada Model Finansial Pembangkit yang mempengaruhi Capacity Factor dengan tingkat kepercayaan 90% didapatkan NPV sebesar (Rp. (4.735.517.210)-Rp.7.403.033.828), IRR (6% - 15% ), dan PP (16tahun- 9tahun), dengan tingkat kepercayaan 85% didapatkan NPV sebesar (Rp.(2.607.803.803)-Rp. 5.515.816.915), IRR (7%-13%), PP (14tahun- 9tahun), dan dengan tingkat kepercayaan 70% didapatkan NPV sebesar (Rp. (2.607.803.803)-Rp.5.515.816.915), IRR (7%-13%), PP (14tahun- 9tahun). Semakin besar tingkat kepercayaannya maka nilai range minimum ke maksimum yang dihasilkan semakin tinggi sehingga dapat dikatakan proyek dinyatakan layak sedangkan semakin kecil tingkat kepercayaannya maka nilai range minimum ke maksimum yang dihasilkan semakin rendah sehingga proyek dinyatakan belom layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PLTS;Intermitensi;non-dispatchable;risiko;finansial
Subjects: Electricity > Electrodinamics, Electric Current
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Dian Windi Handoko
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:51
Last Modified: 09 Aug 2021 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41624

Actions (login required)

View Item View Item