Penerapan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah: Penelitian tindakan kelas di RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung

Novianti, Fitri (2019) Penerapan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah: Penelitian tindakan kelas di RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca huruf hijaiyah di kelas A RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung, dimana anak masih sulit membedakan pengucapan huruf-huruf hijaiyah yang bentuknya hampir sama, sulit membedakan huruf yang difathah, kasrah, dhomah. Ada anak yang asal tebak ketika ditunjukkan huruf hijaiyah, kurang semangat, harus dibujuk terlebih dahulu baru ingin membaca, bahkan tidak jarang anak mengatakan tidak mau membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan membaca huruf hijaiyah di RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung sebelum menggunakan media kartu huruf; (2) Penerapan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah di RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung pada setiap siklus; dan (3) Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak RA Al�Muhajir Panyileukan Bandung setelah menggunakan media kartu. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teori kemampuan membaca pada anak usia dini dapat distimulasi dengan cara melatih mendengarkan bunyi huruf dan memperlihatkan bentuk huruf. Memperkenalkan huruf kepada anak menjadi penting untuk membantu anak dalam proses membaca dan menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada anak kelas A RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung dengan jumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar unjuk kerja, lembar observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah sebelum menggunakan media kartu huruf diperoleh rata-rata sebesar 29 dari 14 anak dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan media kartu huruf dilihat dari aktivitras anak pada siklus I adalah 65,24% dengan kriteria cukup dan pada siklus II persentase aktivitas anak sebesar 84, 27% dengan kriteria baik. Sedangkan akivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 83,33% dengan kriteria baik dan pada siklus II persentase keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 96,67% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui penerapan media kartu huruf pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 45,25 dengan kriteria kurang sekali, dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 75.43 dengan kriteria baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini; membaca huruf hijaiyah; huruf hijaiyah; kartu huruf hijaiyah
Subjects: Use of Other Information Media
Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Islam > Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fitri Novianti
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:53
Last Modified: 08 Nov 2021 08:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41639

Actions (login required)

View Item View Item