Maesaroh, Maesaroh (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 7 : Penelitian di MTsN 5 Karawang materi shalat dalam keadaan darurat. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (Daftra Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (610kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa di lokasi penelitian. Guru mata pelajaran fiqih pada umumnya belum memanfaatkan media pembelajaran audio visual ketika proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran audio visual merupakan media yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Untuk itu peneliti tertarik untuk menerapkan media tersebut dalam pembelajaran fiqih dan melihat sejauh mana pengaruhnya terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Penerapan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran fiqih kelas 7 di MTsN 5 Karawang materi shalat dalam keadaan darurat, 2) Hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 7 di MTsN 5 Karawang materi shalat dalam keadaan darurat, dan 3) Hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 7 di MTsN 5 Karawang materi shalat dalam keadaan darurat setelah menggunakan media audio visual. Berdasarkan teori yang ada bahwa hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran audio visual. Pada penelitian ini peneliti menerapkan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran fiqih kelas 7 materi shalat dalam keadaan darurat yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada materi shalat dalam keadaan darurat Langkah-langkah penelitian ini adalah : 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experimen. 2) Responden 20 peserta didik kelas 7 MTsN 5 Karawang. 3) Pengumpulan data : observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. 4) Analisis data penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan logika dan analisis, dan data kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukan : 1) Penerapan penggunaan media pembelajaran audio visual terlaksana dengan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 65,5%. 2) Hasil belajar psikomotorik diperoleh rata-rata nilai 89,65 apabila di interpretasikan pada skala kualifikasi yaitu termasuk kategori tinggi, karena X > 80. 3) Peningkatan hasil belajar psikomotorik dengan menggunakan media pembelajaran audio visual mata pelajaran fiqih kelas 7 materi shalat dalam keadaan darurat dengan kategori sedang. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata N-Gain sebesar 68,40.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Audio Visual; Hasil Belajar Psikomotorik |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maesaroh Maesaroh |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 05:04 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 05:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41673 |
Actions (login required)
View Item |