Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII di SMPN 4 Cianjur

Hayati, Munggarani Kusumah (2021) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII di SMPN 4 Cianjur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstract

Berdasar dengan observasi yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 4 Cianjur. Dapat ditemukan bahwa proses berlangsungnya pembelajaran secara daring pada kelas VII ini masih pada taraf rendah untuk indikator motivasi belajar siswa, yakni dilihat dari keikutsertaan serta keaktifan siswa atau peserta didik dalam pembelajaran daring dengan media WhatsApp Group hanya setengah dari keseluruhan jumlah siswa, sama halnya dengan pengumpulan tugas yang telah diberikan oleh guru pun hanya setengah dari jumlah keseluruhan siswa yang mengumpulkan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui : pertama, implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas VII di SMPN 4 Cianjur dengan pembelajaran via daring. Kedua, motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 4 Cianjur, ketika pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Ketiga, implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation pada pembelajaran daring hubungannya dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Kerangka pemikiran dari penelitian ini yakni: dalam upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kondisi pembelajaran secara daring yakni dengan menggunakan atau mengimplementasikan model pembelajaran yang pas atau efektif dalam penyampaian materi kepada siswa. Sebagaimana diasumsikan bahwa dengan mengimplementasikan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang berlokasi di SMPN 4 Cianjur. Alat pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, angket, dan studi kepustakaan. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistika. Hasil dari penelitian ini yakni : pertama, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VII di SMPN 4 Cianjur dengan pembelajaran daring termasuk dalam kategori sangat baik, ditunjukkan dengan perolehan untuk variabel X sejumlah 4,20 yaitu termasuk pada interval 4,20-5,00. Kedua, motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 4 Cianjur, ketika pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation termasuk pada kategori tinggi, ditunjukkan dengan perolehan variabel Y sejumlah 3,92 yaitu pada interval 3,40-4,19. Ketiga, implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation pada pembelajaran daring hubungannya dengan peningkatan motivasi belajar siswa sejumlah 0,83 dengan kategori sangat kuat termasuk pada interval 0,80-1,00. Dengan besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dapat mempengaruhi atau berkontribusi sejumlah 68,9%, sedangkan sisanya sejumlah 31,11% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation; Motivasi Belajar; Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munggarani Kusumah Hayati
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:56
Last Modified: 12 Aug 2021 04:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41708

Actions (login required)

View Item View Item