Holisoh, Olis (2021) Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-walad dan relevansinya terhadap mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan salah satu bagian dari pendidikan Islam, dengan pendidikan akhlak yang baik akan mampu mengantarkan manusia untuk berakhlakul karimah dalam setiap segi kehidupan. Poisisi terpenting dalam kehidupan adalah akhlakul karimah sebagai manusia. Sebab hal itu menjadi sebab jatuh bangun, sejahtera rusak, serta hancur atau jayanya suatu bangsa dan masyarakat terletak pada akhlaknya. Akhlak menempati posisi tertinggi yang dapat menjadikan manusia kehilangan derajatnya sebagai makhluk yang mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ayyuha Al-Walad, untuk menganalisis muatan pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-Walad dengan ranah afektif siswa Madrasah Ibtidaiyah, dan untuk menganalisis relevansi pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-Walad terhadap mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan studi dokumentasi yaitu penelitian yang berfokus pada analisis atau interpretasi materi yang disusun secara kontekstual. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan adalah kitab Ayyuha Al-Walad. Sedangkan data sekunder didapatkan dari buku-buku, karya tulis ilmiah, jurnal, dan lainnya yang berkaitan dengan topik yang sedang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tematik analisis dengan mengelompokkan data ke dalam beberapa topik kemudian dilakukan penyimpulan. Data dikelompokkan menjadi tiga tema besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-Walad ditemukan 17 nilai akhlak yang sesuai dengan 18 karakter bangsa serta sesuai juga dengan pengembangan penguatan karakter (PPK), ditemukan muatan pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-Walad sejalan dengan tingkatan afektif Karthwol yaitu receiving, responding, valuing, organization, dan characterization, ditemukan tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, subjek pendidikan, dan metode pendidikan sejalan dengan muatan yang terkandung dengan mata pelajaran akidah akhlak dibuktikan dengan analisis terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Akidah Akhlak MI kelas satu sampai kelas enam. Oleh karena itu, isi dalam kitab Ayyuha Al-Walad dapat dijadikan sebagai rujukan untuk pendidikan akhlak anak. Sebab akhlak merupakan inti dari sebuah pendidikan, tanpa akhlak manusia berbudaya dan berilmu akan celaka. Pendidikan akhlak yang diajarkan kepada anak selayaknya dicontohkan langsung, sebab anak merupakan peniru yang ulung dari orang dewasa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Akhlak, Ayyuha Al-Walad, Akidah Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | Teori of Knowledge Educational Institutions, Schools and Their Activities Elementary Education Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Olis Holisoh |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:46 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41813 |
Actions (login required)
View Item |