Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-walad dan relevansinya terhadap mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah

Holisoh, Olis (2021) Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-walad dan relevansinya terhadap mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan salah satu bagian dari pendidikan Islam, dengan pendidikan akhlak yang baik akan mampu mengantarkan manusia untuk berakhlakul karimah dalam setiap segi kehidupan. Poisisi terpenting dalam kehidupan adalah akhlakul karimah sebagai manusia. Sebab hal itu menjadi sebab jatuh bangun, sejahtera rusak, serta hancur atau jayanya suatu bangsa dan masyarakat terletak pada akhlaknya. Akhlak menempati posisi tertinggi yang dapat menjadikan manusia kehilangan derajatnya sebagai makhluk yang mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ayyuha Al-Walad, untuk menganalisis muatan pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-Walad dengan ranah afektif siswa Madrasah Ibtidaiyah, dan untuk menganalisis relevansi pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-Walad terhadap mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan studi dokumentasi yaitu penelitian yang berfokus pada analisis atau interpretasi materi yang disusun secara kontekstual. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan adalah kitab Ayyuha Al-Walad. Sedangkan data sekunder didapatkan dari buku-buku, karya tulis ilmiah, jurnal, dan lainnya yang berkaitan dengan topik yang sedang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tematik analisis dengan mengelompokkan data ke dalam beberapa topik kemudian dilakukan penyimpulan. Data dikelompokkan menjadi tiga tema besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-Walad ditemukan 17 nilai akhlak yang sesuai dengan 18 karakter bangsa serta sesuai juga dengan pengembangan penguatan karakter (PPK), ditemukan muatan pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha Al-Walad sejalan dengan tingkatan afektif Karthwol yaitu receiving, responding, valuing, organization, dan characterization, ditemukan tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, subjek pendidikan, dan metode pendidikan sejalan dengan muatan yang terkandung dengan mata pelajaran akidah akhlak dibuktikan dengan analisis terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Akidah Akhlak MI kelas satu sampai kelas enam. Oleh karena itu, isi dalam kitab Ayyuha Al-Walad dapat dijadikan sebagai rujukan untuk pendidikan akhlak anak. Sebab akhlak merupakan inti dari sebuah pendidikan, tanpa akhlak manusia berbudaya dan berilmu akan celaka. Pendidikan akhlak yang diajarkan kepada anak selayaknya dicontohkan langsung, sebab anak merupakan peniru yang ulung dari orang dewasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Ayyuha Al-Walad, Akidah Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Teori of Knowledge
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Olis Holisoh
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:46
Last Modified: 12 Aug 2021 04:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41813

Actions (login required)

View Item View Item