Manajemen Perubahan Budaya Madrasah (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bandung)

Rouf, Fikri Abdul (1132010024) (2017) Manajemen Perubahan Budaya Madrasah (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bandung). Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Perubahan madrasah hanya dapat terjadi apabila kepala madrasah dan guru memiliki dan memahami visi misi madrasah, dan mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif; kemampuan untuk mengantisipasi dan proaksi terhadap perubahan; memelihara dan menumbuhkan nilai-nilai keyakinan, sikap, dan budaya sekolah yang baik. Di MTs Negeri 2 Kota Bandung, peneliti menemukan beberapa perubahan budaya di antaranya: perubahan budaya bidang keagamaan, perubahan budaya ekstrakurikuler sunda, dan perubahan budaya menciptakan madrasah berbudaya lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kondisi objektif, (2) unfreezing perubahan budaya, (3) changing perubahan budaya, (4) refreezing perubahan budaya, (5) faktor penunjang dan penghambat perubahan budaya, (6) hasil manajemen perubahan budaya di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Perubahan budaya di MTs Negeri 2 Kota Bandung menggunakan model manajemen perubahan menurut Kurt Lewin yang terdiri dari proses unfreezing (mengenal perlunya perubahan), changing (berusaha untuk menciptakan kondisi baru), dan refreezing (menggabungkan, menciptakan, dan memelihara perubahan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun sumber data utama adalah kepala madrasah sebagai key informant yang dilanjutkan dengan teknik snowball sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, dan penyajian data. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perubahan budaya di MTs Negeri 2 Kota Bandung terdiri dari 3 (tiga) tahapan yakni unfreezing perubahan budaya, changing perubahan budaya, refreezing perubahan budaya. Unfreezing perubahan budaya meliputi mengkaji kebutuhan perubahan budaya, mengemas substansi perubahan budaya, mengidentifikasi faktor pendukung perubahan budaya, dan menetapkan rencana operasional perubahan budaya yang dilakukan melalui rapat wakamad dan dewan guru. Changing perubahan budaya meliputi komunikasi perubahan budaya, menjaga perubahan budaya, pelaksanaan perubahan budaya, dan keterlibatan seluruh pihak. Refreezing perubahan budaya meliputi penyesuaian rencana perubahan budaya dan penguatan perubahan budaya. Adapun faktor penunjang perubahan budaya meliputi seluruh stakeholder mendukung, pemimpin visioner, komitmen yang solid dari seluruh warga madrasah, lingkungan yang ada mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi peserta didik kurang disiplin, Sumber Daya Manusia (SDM) terbatas, anggaran terbatas, tempat ibadah kurang mencukupi, mayoritas siswa berada di lingkungan yang kumuh, pelatih ekstrakurikuler masih dari luar madrasah dan kurang disiplin karena gajinya minim. Hasil dari manajemen perubahan budaya di MTs Negeri 2 Kota Bandung yakni, menambah program baru bidang keagamaan, menambah fasilitas dan materi ekstrakurikuler sunda, dan madrasah berbudaya lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Perubahan Budaya, Madrasah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fikri Abdul Rouf Jajang
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:10
Last Modified: 28 Aug 2017 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item