Bimbingan spiritual pada muallaf melalui pendekatan tadabur al-Qur'an: Penelitian di Masjid Lautze 2 Jalan Tamblong No. 27 Braga Kota Bandung Jawa Barat

Rifa’i, A. Bachrun and Mujib, Abdul (2020) Bimbingan spiritual pada muallaf melalui pendekatan tadabur al-Qur'an: Penelitian di Masjid Lautze 2 Jalan Tamblong No. 27 Braga Kota Bandung Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Muallaf merupakan mereka yang telah melafalkan kalimat syahadat dan termasuk golongan muslim yang perlu diberikan bimbingan dan perhatian oleh golongan yang lebih memahami Islam. Meskipun para muallaf telah memutuskan masuk Islam, namun terdapat permasalahan dalam kehidupan pribadinya seperti ketika sudah masuk Islam ia diasingkan oleh keluargannya karena tidak menerima keputusan untuk memilih agama yang dianutnya sekarang, kemudian perusahhan dimana tempat ia bekerja tidak menerima kembali karena ia telah berpindah agama. Sehingga membuat kondisi spiritualitas muallaf menjadi terguncang kebatinannya menjadi pribadi down. Maka menjadi hal penting perlu dilakukan bimbingan spiritual sebagai upaya memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi muallaf untuk menjalani kehidupan yang tentram. Sehingga muallaf harus memenui beberapa tahap yang memerlukan ilmu, dorongan, kesabaran, sokongan, nasehat, dan motivasi berkelanjutan untuk menghadapi setiap tahapan, sehingga pada akhirnya muallaf dapat mencapai tahap ketenangan dalam menjalani agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan spiritual pada muallaf dengan pendekatan Tadabbur Al-Qur’an, kondisi spiritualitas para muallaf, serta efektifitas pelaksanaan bimbingan spiritual pada muallaf dengan pendekatan Tadabbur Al-Qur’an. Bimbingan spiritual merupakan upaya untuk membimbing muallaf pada hubungan yang lebih mendalam pada Tuhan, dengan cara mendorong pertumbuhan rohani dalam realita kehidupan, serta dapat membantu muallaf mengembangkan kedamaian batin dan mengidentifikasi arah kehidupannya menjadi lebih baik dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi muallaf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan fakta yang diperoleh dilapangan dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan bimbingan spiritual pada muallaf dengan pendekatan Tadabbur Al-Qur’an sangat efektif. karena setelah muallaf mengikuti bimbingan dapat membangun kondisi spiritual muallaf menjadi lebih tenang dalam menghadapi permasalahan kehidupannya serta mengalami perubahan-perubahan yang pada diri muallaf yakni muallaf dapat mengobati dan memotivasi diri dalam mengatasi permasalahan, muallaf dapat mengimplementasikan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari, muallaf mampu menyatukan pikirin dan hati dengan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Spiritual; Muallaf; Tadabur Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Amelia Fadilah
Date Deposited: 13 Aug 2021 01:40
Last Modified: 13 Aug 2021 01:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41872

Actions (login required)

View Item View Item