Manajemen strategik Kepala Madrasah untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja Guru : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin dan Madrasah Tsanawiyah Satu Atap As-Solehiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung

Abdurrohman, Asep (2023) Manajemen strategik Kepala Madrasah untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja Guru : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin dan Madrasah Tsanawiyah Satu Atap As-Solehiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu komponen pendidikan yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan madrasah adalah suatu menajemen strategik dari sesosok kepala madrasah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah bagaimana manajemen strategik kepala madrasah mampu meningkatkan motivasi guru dan etos kerja guru. Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin sudah berdiri sangat lama yakni pada tahun 1984 yang pada awalnya adalah PGA pada tahun 1970, sedangkan Madrasah Tsanawiyah Satu Atap As-Solehiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung berdiri pada tahun 2005. Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin Bojongsoang Kabupaten Bandung tidak begitu ambisi untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja guru, kurang aktif dan cenderung tidak tegas, sementara kepala Madrasah Tsanawiyah Satu Atap As-Solehiyah cukup ambisi didalam penegakkan kedisiplinan administrasi guru. Tujuan dari penelitian ini guna untuk mengetahui formulasi strategik kepala madrasah, implementasi strategik kepala madrasah, dan evaluasi strategik kepala madrasah untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin Bojongsoang Kabupaten Bandung dan Madrasah Tsanawiyah Satu Atap As-Solehiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis data yang yang diperoleh adalah data kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata-kata, bukan dalam bentuk angka. Teknik penggumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan tahap penarikan kesimpulan atau tahap verifikasi. Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin Bojongsoang Kabupaten Bandung dan Madrasah Tsanawiyah Satu Atap As-Solehiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung, melalui tugas dan fungsinya sebagai kepala madrasah berupaya untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja guru. Formulasi strategik kedua kepala madrasah yaitu merumuskan visi dan misi madrasah, meninjau kelemahan internal, meninjau kesempatan eksternal dan ancaman eksternal, menciptakan tujuan jangka panjang, memulai strategi alternatif, dan memilih strategi khusus untuk dicapai. Implementasi strategik kedua kepala madrasah dilaksanakan melalui beberapa tahapan, diantaranya perumusan tujuan tahunan, kebijakan yang memotivasi guru, dan pengalokasian sumber daya. Evaluasi strategik kepala madrasah untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja guru yaitu, meninjau faktor internal dan eksternal, mengukur kinerja, dan mengambil tindakan korektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Motivasi; dan Etos kerja
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asep Abdurrohman
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:06
Last Modified: 20 Sep 2023 02:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41893

Actions (login required)

View Item View Item