Efektivitas model pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika pada pandemi Covid-19: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa Kelas III SD ‎Muhammadiyah 3 Kota Bandung)

Salsabila, Salma (2021) Efektivitas model pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika pada pandemi Covid-19: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa Kelas III SD ‎Muhammadiyah 3 Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah adanya ketidaksesuaian ‎antara hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa model pembelajaran ‎jarak jauh cukup efektif dengan temuan yang peneliti temukan di lapangan. ‎Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan aktivitas siswa pada pembelajaran ‎matematika dengan menggunakan model pembelajaran jarak jauh; 2) menjelaskan ‎respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model ‎pembelajaran jarak jauh; 3) menjelaskan hasil belajar matematika siswa dengan ‎menggunakan model pembelajaran jarak jauh.‎ Kerangka pemikiran penelitian ini berawal dari adanya pandemi Covid-19 ‎yang menyebabkan digunakannya model pembelajaran jarak jauh sebagai model ‎pembelajaran alternatif dalam penyelenggaraan pendidikan. Pelaksanaan model ‎pembelajaran jarak jauh didukung dengan menggunakan berbagai media, baik ‎yang berbasis internet maupun yang tidak berbasis internet. Diterapkannya model ‎pembelajaran jarak jauh menghasilkan berbagai respons dalam dunia pendidikan, ‎termasuk respons mengenai efektif atau tidaknya penerapan model pembelajaran ‎jarak jauh tersebut. Keefektifan model pembelajaran jarak jauh dapat dilihat ‎melalui indikator efektivitas pembelajaran, termasuk di dalamnya ketuntasan ‎belajar, aktivitas belajar peserta didik, dan respons peserta didik terhadap ‎pembelajaran.‎ Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ‎deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SD ‎Muhammadiyah 3 Kota Bandung pada bulan April 2021. Subjek penelitian adalah ‎siswa kelas III sebanyak 55 orang. Adapun teknik sampling yang digunakan ialah ‎non-probability sampling pada sampel jenuh. Teknik pengumpulan data ‎menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan ‎dengan menggunakan data kuantitatif berupa rumus serta uji validitas dan ‎reliabilitas yang dibantu oleh SPSS. ‎ Hasil penelitian mengungkapkan hal-hal mengenai: 1) Aktivitas siswa ‎ketika pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran jarak ‎jauh dikatakan efektif karena melebihi persentase aktivitas siswa, yaitu 70%. ‎Adapun nilai persentase aktivitas siswa yang diperoleh, yaitu mencapai angka 75% ‎dengan kategori cukup; 2) Respons peserta didik terkait pembelajaran matematika ‎dengan menggunakan model pembelajaran jarak jauh berada pada kategori kurang ‎positif dengan rata-rata persentase sebesar 65%; dan 3) Ketuntasan belajar siswa ‎kelas III memperoleh kategori sangat tinggi dengan persentase 100%. Adapun ‎rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 89,67. Simpulan dari penelitian ini yaitu ‎digunakannya model pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika saat ‎pandemi Covid-19 dikatakan tidak efektif, hal ini dilihat dari adanya ‎ketidaktercapaian salah satu dari tiga indikator efektivitas pembelajaran.‎

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Model Pembelajaran Jarak Jauh; Matematika; Covid-19
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salma Salsabila
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:19
Last Modified: 13 Aug 2021 07:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41898

Actions (login required)

View Item View Item