Fadlillah, Mellida (2021) Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining (Sfe) untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran IPS Materi Kegiatan Jual Beli. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tematik muatan IPS materi kegiatan jual beli di kelas III MI Darul Ulum. Pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ceramah dan guru kurang merangsang kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan jual beli melalui metode SFE di kelas III MI Darul Ulum Kabupaten Bandung. Pentingnya kreativitas dalam pembelajaran IPS adalah untuk mengetahui perubahan tingkah laku, pengetahuan, maupun keterampilan dalam memecahkan masalah sosial dan menerapkan dalam kehidupan sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods, dimana penelitian ini menggunakan pengumpulan data secara kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa: 1) Rata-rata nilai kreativitas siswa sebelum menggunakan metode SFE diperoleh nilai 1,88 dengan kategori cukup. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh persentase sebesar 47% dengan kategori kurang. 2) Penerapan Metode SFE terjadi peningkatan yang signifikan, aktivitas guru pada siklus I sebesar 79% dengan kategori baik dan siklus II sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% dengan kategori aktif dan pada siklus II sebesar 96% dengan kategori sangat aktif. 3) Peningkatan kreativitas siswa setelah menggunakan Metode SFE diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dengan persentase sebesar 73%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan persentase sebesar 93%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Student Facilitator And Explaining (SFE); Kreativitas Pembelajaran |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mellida Fadlillah |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 01:32 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 01:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41901 |
Actions (login required)
View Item |