Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining (Sfe) untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran IPS Materi Kegiatan Jual Beli

Fadlillah, Mellida (2021) Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining (Sfe) untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran IPS Materi Kegiatan Jual Beli. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tematik muatan IPS materi kegiatan jual beli di kelas III MI Darul Ulum. Pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ceramah dan guru kurang merangsang kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan jual beli melalui metode SFE di kelas III MI Darul Ulum Kabupaten Bandung. Pentingnya kreativitas dalam pembelajaran IPS adalah untuk mengetahui perubahan tingkah laku, pengetahuan, maupun keterampilan dalam memecahkan masalah sosial dan menerapkan dalam kehidupan sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods, dimana penelitian ini menggunakan pengumpulan data secara kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa: 1) Rata-rata nilai kreativitas siswa sebelum menggunakan metode SFE diperoleh nilai 1,88 dengan kategori cukup. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh persentase sebesar 47% dengan kategori kurang. 2) Penerapan Metode SFE terjadi peningkatan yang signifikan, aktivitas guru pada siklus I sebesar 79% dengan kategori baik dan siklus II sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% dengan kategori aktif dan pada siklus II sebesar 96% dengan kategori sangat aktif. 3) Peningkatan kreativitas siswa setelah menggunakan Metode SFE diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dengan persentase sebesar 73%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan persentase sebesar 93%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Student Facilitator And Explaining (SFE); Kreativitas Pembelajaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mellida Fadlillah
Date Deposited: 16 Aug 2021 01:32
Last Modified: 16 Aug 2021 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41901

Actions (login required)

View Item View Item