Penerapan metode Rubaiyat dan pengaruhnya terhadap kemampuan siswa daam membaca Al-Quran : Penelitian terhadap siswa kelas VII di SMP Plus Bandung Timur

Anwar, Novia Khoerul (2021) Penerapan metode Rubaiyat dan pengaruhnya terhadap kemampuan siswa daam membaca Al-Quran : Penelitian terhadap siswa kelas VII di SMP Plus Bandung Timur. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu fakta lapangan yang berada di SMP Plus Bandung Timur khususnya pada siswa kelas VII masih ada sebagian siswa yang belum bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. hal ini disebabkan karena faktor eksternal yaitu perkembangan teknologi informasi yang menyebabkan siswa lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain internet, game, tv begitupula dengan tuntutan mata pelajaran di sekolah yang begitu ketat menjadikan anak-anak dan remaja semakin sulit untuk mempelajari Al-Quran. maka tugas guru adalah membuat strategi mengajar yang menarik dengan memilih metode pembelajaran yang menarik, cocok dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran metode rubaiyat terhadap siswa kelas VII di SMP Plus Bandung Timur. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam membaca al-Quran. Dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode rubaiyat terhadap kemampuan siswa dalam membaca al-Quran. Penelitian ini didasari oleh pemikiran yang menyatakan bahwa belajar Al-Quran dengan menggunakan konsep revolusi belajar serta konsep modalitas belajar membuat siswa dapat lebih mudah memahami pembelajaran. Selain itu metode pembelajaran dibuat hanya dengan 4 pertemuan . Sehingga pembelajaran dapat lebih mudah dipahami dengan waktu yang singkat. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment one group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VII A. teknik pengumpulan data dilakukaan dengan tes, angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan metode rubaiyat berjalan dengan baik hanya saja terdapat kesulitan tersendiri bagi peneliti ketika proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan hasil analisis observasi yang dideskripsikan dan hasil perolehan dari tanggapan siswa melalui angket yang memperoleh kualifikasi tinggi. Kemampuan membaca Al-Quran siswa berdistribusi normal dengan penjabaran hasil dari uji normalitas pada pretest sebesar 50,86 dan pada posttest sebesar 57,8 dengan perolehan X2 hitung < X2 tabel yaitu X2 hitung 5,83 < X2 tabel 5,991. Analisis uji homogenitas bersifat homogen karena F hitung < F tabel. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil Fhitung 0,93 dan Ftabel 1,87. Analisis uji hipotesis atau uji T, Thitung > Ttabel yaitu Thitung 2,34 dan Ttabel 2,04. Dari hasil N-Gain diperoleh perhitungan N-Gain 0,14 yang berarti masuk pada kriteria rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan metode rubaiyat pada pembelajaran Al-Quran berpengaruh sebesar 14% dalam membaca Al-Quran, sehingga masih terdapat 86% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas VII A SMP Plus Bandung Timur dalam membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Rubaiyat; Kemampuan Siswa; Al-Quran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novia Khoerul Anwar
Date Deposited: 15 Aug 2021 23:33
Last Modified: 15 Aug 2021 23:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41910

Actions (login required)

View Item View Item