Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran PPKN di SD : Penelitian Design Research pada siswa SD di kelas III

Safithri, Emilia Jamillatun (2021) Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran PPKN di SD : Penelitian Design Research pada siswa SD di kelas III. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi ditengah wabah covid-19 ini adalah hal yang tepat, karena pembelajaran secara online atau daring ini menjadi sebuah peluang besar bagi seluruh pendidik. Maka perlu adanya kolaborasi antara teknologi dengan pendidikan di zaman sekarang agar mampu mengembangkan pengetahuannya dalam proses pembelajaran. Kurangnya penggunaan media pembelajaran adalah permasalahan yang terjadi di SDN Ciranjang 03 khususnya pada mata pelajaran PPKn yang jarang sekali ada praktik pada saat proses belajarnya, maka dari itu mendorong peneliti unutk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti augmented reality pada mata pelajaran PPKn agar pembelajaran lebih menarik. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui keadaan awal pembelajaran mata pelajaran PPKn pada materi Garuda Pancasila, mengetahui desain augmented reality yang diembangkan serta mengetahui pengembangan media pembelajaran augmented reality. Metode penelitian ini menggunakan design research yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Ciranjang 03. Instrument pada penelitian ini yaitu menggunakan angket. Adapun hasil penelitiannya yaitu, (1) keadaan awal pembelajaran pada mata pelajaran PPKn di SDN Ciranjang 03 yaitu dalam penggunaan media yang terbatas hanya menggunakan media gambar dan buku paket saja, (2) pengembangan desain media augmented reality adalah menggunakan 3 aplikasi penting yaitu dalam pembuatan model 3D menggunakan blender 3D dan inkscape lalu dipindahkan ke unity 3D dengan pembuatan database di vuforia, (3) pengembangan media augmented reality pada kelompok kecil memperoleh skor 51 dari jumlah total 60 yang jika dipersentasikan adalah 85% dengan kategori “layak”, sedangkan pada kelompok besar mendapatkan skor 235 dari 240, jika dipersentasikan menjadi 97,9% dengan kategori “layak” Berdasarkan pemaparan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran augmented reality layak digunakan pada mata pelajaran PPKn khususnya dalam materi Garuda Pancasila di kelas III.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media; Augmented Reality
Subjects: Indonesia
Technology of Other Organic Products > Adhesive Technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Emilia Jamillatun Safithri
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:23
Last Modified: 27 Aug 2021 01:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41958

Actions (login required)

View Item View Item