Apresiasi Pemirsa terhadap Tayangan Kick Andy di Metro TV (Penelitian pada Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2011 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)

Feny Yulianti, Feny (2014) Apresiasi Pemirsa terhadap Tayangan Kick Andy di Metro TV (Penelitian pada Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2011 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Program talkshow merupakan salah satu tayangan yang digemari oleh khalayak. Hampir semua stasiun televisi (TV) menayangkan program talkshow dengan mengangkat tema yang beragam. Metro TV merupakan salah satu stasiun televisi (TV) yang menayangkan program talkshow, salah satunya yaitu talkshow Kick Andy. Kick Andy merupakan program talkshow yang tidak hanya menghibur tetapi menginspirasi, memotivasi, dan mendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apresiasi mahasiswa Jurnalistik angkatan 2011 UIN Bandung terhadap tayangan Kick Andy di Metro TV, dilihat dari tiga aspek penting yaitu aspek kognitif (pengetahuan), aspek emotif (perasaan), dan aspek evaluatif (penilaian). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification, dimana teori ini menjelaskan bahwa komunikan dianggap aktif menggunakan media massa untuk tujuan tertentu. Setelah tujuan tersebut terpenuhi maka timbulan suatu efek tertentu yaitu apresiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yakni menekankan analisanya pada data-data numeric (angka) dengan memaparkan sebuah fenomena, tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Dalam menentukan jumlah sampel peneliti mengikuti pendapat Arikunto, bahwa jika populasi lebih dari 100 orang maka dapat diambil 10-15% atau 20-25% dan peneliti mengambil sampel 25% persen dari populasi. Sehingga didapat 30 sampel dari 122 orang populasi. Metode penarikan sampel menggunakan Purposive sampling, dengan ketentuan mereka telah menyaksikan dan mengetahui dengan jelas tayangan talkshow Kick Andy di Metro TV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa apresiasi pemirsa terhadap tayangan Kick Andy di Metro TV tergolong tinggi dilihat dari persentase aspek kognitif 83%, apek emotif 80,25%, dan aspek evaluatif 78,17%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemirsa memiliki tingkat pengetahuan (kognitif), perasaan (emotif), dan penilaian (evaluatif) yang baik terhadap tayangan Kick Andy di Metro TV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teori Uses and Gratification terbukti dengan munculnya pengetahuan (kognitif), perasaan (emotif), penilaian (evaluatif) tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kick Andi, Metro TV, talkshow, uses and gratification
Subjects: Communications Telemunications
Public Performances > Television Show
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 01:48
Last Modified: 29 Jan 2018 08:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item