Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap return saham melalui Earning Per Share (EPS) sebagai variabel intervening pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. Semen Indonesia Tbk. periode 2010-2019

Shoimah, Lathifah Nur (2021) Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap return saham melalui Earning Per Share (EPS) sebagai variabel intervening pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. Semen Indonesia Tbk. periode 2010-2019. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dugaan bahwa Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin terhadap Return Saham melalui Earning Per Share itu memiliki pengaruh, dimana setiap kenaikan Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin akan mengakibatkan meningkatnya Return Saham dan diikuti naiknya Earning Per Share sebagai variabel intervening, begitupun Earning Per Share jika naik maka akan berdampak pada peningkatan pada Return Saham, begitu pula dengan sebaliknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Earning Per Share, (2) pengaruh Net Profit Margin terhadap Earning Per Share, (3) pengaruh Earning Per Share terhadap Return Saham, (4) pengaruh Debt To Equity Ratio Dan Net Profit Margin Terhadap Return Saham Melalui Earning Per Share Sebagai Variabel Intervening. Kerangka dalam penelitian ini merupakan alur pemikiran hubungan yang dimiliki oleh rasio Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin terhadap Return Saham melalui Earning Per Share dengan mengedepankan teori-teori yang ada serta bertujuan mengetahui kekuatan hubungan kedua variabel bebas dan satu variabel intervening terhadap variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Uji Deskriptif dengan menggunakann pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik dan Analissis Uji Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap variabel Earning Per Share, 2). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap variabel Earning Per Share, 3). Hasil pengujian hipotesis menujukkan bahwa variabel Earning Per Share tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Return Saham, 4). Hasil pengujian hipotesis menujukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham melalui Earning Per Share sebagai variabel intervening, dan Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap Return Saham melalui Earning Per Share sebagai variabel intervening, di uji dengan pengaruh langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Debt To Equity Ratio (DER); Net Profit Margin (NPM); Earning Per Share (EPS); Return Saham
Subjects: Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Lathifah Nur Shoimah
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:36
Last Modified: 18 Aug 2021 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41977

Actions (login required)

View Item View Item