Pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam : Penelitian True eksperimen pada siswa kelas IV SD negeri Sampora Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor

Gustiar, Ikhsan Maulana (2021) Pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam : Penelitian True eksperimen pada siswa kelas IV SD negeri Sampora Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan yang luar biasa, seolah-olah seluruh jenjang pendidikan dipaksa bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring. Hal ini tentu dirasa berat oleh pendidik dan peserta didik. Terutama bagi pendidik, dituntut kreatif dalam penyampaian materi dan lebih inovatif dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran melalui media pembelajaran daring. Dalam pembelajaran belum didukung dengan media pembelajaran yang mudah dilihat dan menarik perhatian siswa. Hal demikian menjadikan siswa bosan kurang motivasi dan kelas menjadi pasif sehingga prestasi belajar siswa pun rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI yang menggunakan model pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri Sampora kecamatan Tanjungsari kabupaten Bogor; 2) Prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri Sampora kecamatan Tanjungsari kabupaten Bogor; dan 3) Pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar pada bidang studi PAI pada siswa kelas IV SD Negeri Sampora kecamatan Tanjungsari kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuantitatif eksperimen sungguhan (true eksperimental design). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik studi pustaka, tes prestasi, angket, observasi, dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa penerapan pembelajaran daring dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, hipotesis yang di ajukan adalah terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran daring dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional di SDN Sampora. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, 1) Penggunaan pembelajaran daring dalam pembelajaran PAI dinyatakan efektif terhadap prestasi belajar siswa. Menurut siswa SD Negeri sampora melalui angket yang disebarkan oleh peneliti menunjukkan bahwa daring sangat bermanfaat sebagai media alternatif pendukung dalam pembelajaran PAI. Karena dengan adanya pembelajaran daring selama masa pandemi ini siswa dapat mempelajari materi secara lebih intensif, kreatif, mandiri dan waktunya fleksible. 2) Penggunaan media pembelajaran daring lebih baik daripada menggunaan media pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dengan mengalami peningkatan secara signifikan pada taraf signifikasi 5%. Dari hasil nilai post test rata-rata kelas eksperimen adalah 82,25 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol sebesar 71 dengan selisih rata-rata nilai sebesar 11,25. Dari hasil Uji-t adalah thitung (18,04) > ttabel (2,09), sehigga Ho ditolak dan ha diterima. Perhitungan nilai gain antara kelas eksperimen juga lebih tinggi yaitu 0,68 dengan kategori sedang dari pada kelas kontrol yaitu 0,49 dengan kategori sedang. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil tersebut setelah diberi perlakuan atau dengan kata lain pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikhsan Maulana Gustiar
Date Deposited: 18 Aug 2021 06:02
Last Modified: 18 Aug 2021 06:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41981

Actions (login required)

View Item View Item