Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Eliana karya Tere Liye dengan materi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Julaeha, Nyai (2020) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Eliana karya Tere Liye dengan materi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena yang menyimpang seperti budaya tidak tahu malu contohnya membuang sampah sembarangan, perilaku tidak jujur seperti menyontek dalam ujian, dan menyakiti teman. Sebagai alternatif yang bersifat pencegahan, pendidikan diharapkan mampu mengembangkan kualitas generasi muda dan dapat mengurangi berbagai faktor penyebab terjadinya konflik budaya dan karakter bangsa. Maka untuk mengatasi kondisi tersebut dibutuhkan sebuah konsep untuk menciptakan karakter bangsa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Eliana serta relevansinya dengan materi pembelajran PKn di MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi/konten analisis. Data primer yang digunakan adalah Novel Eliana karya Tere Liye. Adapun teknis pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumen analisis dengan beberapa tahap yaitu, membaca novel secara menyeluruh, menandai, mencatat dan mengklasifikasikan berdasarkan delapan belas butir nilai pendidikan karakter. Selanjutnya, teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) terdapat delapan belas nilai pendidkan karakter yang terdapat dalan novel Eliana, terdiri dari empat belas nilai religius, lima nilai jujur, satu nilai toleransi, lima nilai disiplin, enam nilai kerja kerjas, tujuh nilai kreatif, dua nilai mandiri, tiga nilai demokrasi, enam nilai rasa ingin tahu, dua nilai semangat kebangsaaan, lima nilai cinta tanah air, enam nilai menghargai prestasi, empat nilai bersahabat, lima nilai cinta damai, lima nilai gemar membaca, tiga nilai peduli lingkungan, empat nilai peduli sosial, dan empat nilai tanggungjawab. Nilai religius menunjukan data terbanyak sedangkana nilai toleransi menunjukan data terrendah. Seluruh data dipilih berdasarkan kesesuaian antara konteks dan delam belas butir nilai pendiidkan karakter. (2) terdapat sembilan nilai yang memiliki relevansi dengan materi pembelajaran PKn di Madrasah Ibtidahiyah. Relevansi tersebut dibuktikan dengan adanya kesesuaian atau kecocokan antara konteks cerita yang disajikan oleh penulis dan materi yang tertuang dalam kompetensi dasar mata pelajaran PKn pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan karakter; novel; materi pembelajaran PKn MI.
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nyai Julaeha
Date Deposited: 19 Aug 2021 05:46
Last Modified: 19 Aug 2021 05:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42015

Actions (login required)

View Item View Item