Potensi senyawa antivirus pada Gletang (Tridax procumbens Linn.) dalam menghambat reseptor 3CLpro virus SARS-CoV-2 secara in-silico

Islamiati, Yuna (2021) Potensi senyawa antivirus pada Gletang (Tridax procumbens Linn.) dalam menghambat reseptor 3CLpro virus SARS-CoV-2 secara in-silico. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Virus SARS-CoV-2 menyebabkan penyakit tingkat pandemi sejak akhir tahun 2019. Transmisi virus berlangsung secara cepat melalui droplet yang menginfeksi inangnya pada saluran pernapasan. Perbanyakan diri virus melalui proses translasi genom +ssRNA yang selanjutnya terjadi proses replikasi untuk membentuk bagian tubuh virus yang baru dan dirangkai menjadi virion yang siap menginfeksi. Selama proses replikasi, genom virus hasil translasi berupa polyprotein akan dipotong menjadi komponen yang lebih kecil oleh protease, salah satunya adalah 3CLpro. Keberadaan reseptor 3CLpro digunakan dalam pengembangan obat melalui proses penambatan molekuler secara in-silico untuk dapat meminimalisir kegagalan sebelum dilakukan pengujian skala laboratorium. Senyawa yang digunakan dalam menghambat reseptor 3CLpro berasal dari tanaman gletang (Tridax procumbens Linn.) yang mudah dijumpai dan memiliki kemampuan sebagai antivirus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai energi pengikatan dan interaksi antara senyawa dan reseptor serta mengetahui pengaruhnya sebagai komponen obat. Penelitian dilakukan secara in-silico melalui proses penambatan molekuler pada reseptor 3CLpro virus SARS-CoV-2 oleh senyawa antivirus pada tanaman gletang (Tridax procumbens Linn.), diantaranya adalah senyawa myricetin, quercetin, betulinic acid, kaempferol dan lignan. Hasil penelitian menunjukkan nilai energi pengikatan senyawa myricetin sebesar -7.1 kcal/mol, quercetin sebesar -6.8 kcal/mol, betulinic acid sebesar -6.6 kcal/mol, kaempferol sebesar -6.4 kcal/mol dan lignan sebesar -5.9 kcal/mol adapun interaksi senyawa berupa ikatan hidrogen, elektrostatik, hidrofobik dan van der Waals. Jika dibandingkan senyawa baicalein sebagai kontrol positif dengan nilai energi pengikatan sebesar -6.7 kcal/mol dan interaksinya dengan reseptor 3CLpro, bahwa senyawa myricetin lebih baik dan memiliki kemampuan sebagai komponen obat sehingga berpotensi dalam menghambat reseptor 3CLpro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Antivirus; Gletang; in-Silico; Reseptor 3CLpro; SARS-CoV-2
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Yunia Islamiati
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:15
Last Modified: 23 Aug 2021 03:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42049

Actions (login required)

View Item View Item