Pengaruh peer attachment terhadap school wellbeing dengan self adjustment sebagai variabel moderator pada santri

Normaditasari, Normaditasari (2020) Pengaruh peer attachment terhadap school wellbeing dengan self adjustment sebagai variabel moderator pada santri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari studi awal yang dilakukan peneliti terhadap santri di salah satu Pesantren di Bekasi. Peneliti menemukan bahwa terdapat 43 santri yang keluar atau mogok. Mengacu pada teori dan penelitian sebelumnya yang menunjukan bahwa peer attachment berhubungan dengan school wellbeing. Pada penelitian ini, peneliti menguji self adjustment diduga dapat memengaruhi hubungan antara peer attachment dengan school wellbeing. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional dengan teknik analisis regresi berganda uji interaksi MRA (Moderated Regression Analysis). Subjek penelitian berjumlah 192 santri melalui teknik random sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peer attachment berpengaruh secara signifikan terhadap school wellbeing (p < .05, R² = .042), self adjustment berpengaruh secara signifikan terhadap school wellbeing (p < .05, R² = .339), dan self adjustment dapat menjadi variabel moderator dalam hubungan peer attachment dengan school wellbeing (p < .05, ΔR² = .335).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peer attachment; school wellbeing; self adjustment; santri
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Normaditasari Normaditasari
Date Deposited: 20 Aug 2021 09:44
Last Modified: 23 Aug 2021 04:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42052

Actions (login required)

View Item View Item