Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) Gross dalam pembiayaan terhadap profitabilitas di Bank Muamalat Indonesia periode 2015-2019

Nazmullaili, Nafidah (2021) Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) Gross dalam pembiayaan terhadap profitabilitas di Bank Muamalat Indonesia periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) Gross dalam pembiayaan pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2015-2019. Adanya hubungan antara Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) Gross dalam pembiayaan yang mempengaruhi tingkat Profitabilitas. Apabila terjadi peningkatan atau penurunan dari Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing Gross dalam pembiayaan, maka akan mempengaruhi pula tingkat Profitabilitas yang tercermin dalam Retun On Asset (ROA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) Gross dalam pembiayaan terhadap Profitabilitas (ROA) di Bank Muamalat Indonesia Periode 2015-2019. Dana Pihak Ketiga (DPK) adalah dana yang dihimpun dari masyarakat dalam bentuk tabungan, giro, atau deposito yang selanjutnya digunakan oleh bank untuk kegiatan operasionalnya termasuk dalam hal penyaluran dana. Non Performing Financing (NPF) Gross adalah pembiayaan yang termasuk golongan perhatian khusus, kurang lancar, diragukan dan macet. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan alat uji statistik yang digunakan adalah yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Selanjutnya menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda, serta pengujian hipotesis menggunakan uji t, uj f dan uji koefisien determinasi (r2). Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Pada uji t Dana Pihak Ketiga (DPK) memiliki perbandingan nilai thitung dan ttabel (-0,388 < 2,101) yang artinya Dana Pihak Ketiga (DPK) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Pada uji t Non Performing Financing (NPF) Gross dalam pembiayaan memiliki perbandingan nilai thitung dan ttabel (-0,617< 2,101) yang artinya Non Performing Financing (NPF) Gross dalam Pembiayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Pada uji f nilai p-value sebesar 0,732 dimana nilai ini lebih besar dari probabilitas atau level of significant yang telah ditentukan sebesar 5% atau 0,05 ( 0,732 > 0,05 ) yang artinya, Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing financing (NPF) Gross dalam pembiayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dana Pihak Ketiga (DPK); Non Performing Financing (NPF) Gross dalam pembiayaan; Profitabilitas; Return On Asset; (ROA)
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nafidah Nazmullaili
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:35
Last Modified: 23 Aug 2021 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42074

Actions (login required)

View Item View Item