Fitriah, Inayatul (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predic Observe Explain pada materi sistem pencernaan pada manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAVFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan satu produk yaitu pengembangan LKPD pada sistem pencernaan manusia dengan tujuan untuk membuat LKPD berbasis perdic observe explain (poe) yang berisi sintak yang dapat melatih kemampuan peserta didik dibalut dengan tampilan yang menarik dan menambah minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga 3-D dengan tahapan define, design, dan develop. Langkah-langkah pengembangan yang ditempuh pada penelitian ini adalah pengumpulan data dan informasi untuk analisis masalah, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk akhir. Uji kelayakan dilakukan oleh dosen validator ahli materi, dosen validator ahli media serta dua orang guru mata pelajaran. Setelah produk LKPD pengembangan dinyatakan layak dan valid, kemudian penelitian berlanjut ke tahap uji coba terbatas dengan meminta respon dari lima belas peserta didik menggunakan angket berisi penilaian respon terhadap LKPD yang dikembangkan. Jenis data yang diambil berupa data kualitatif yang diubah untuk dianalisis secara kuantitatif. Persentase rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi adalah 88%. Untuk ahli materi sebesar 85%, untuk ahli media 88%, untuk guru mata pelajaran 91% dengan beberapa koreksi dari masing-masing validator. Setelah revisi, LKPD diuji cobakan secara terbatas, dengan hasil uji coba menyatakan bahwa tanggapan peserta didik sangat baik dengan persentase 92%. Presentase keseluruhan dari LKPD tersebut yakni 89% yang menunjukkan bahwa LKPD sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar peserta didik di SMP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; LKPD; perdic observe explain (poe); Sistem Pencernaan manusia; SMP |
Subjects: | Education > General Publications of Education Education, Research Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Inayatul Fitriah |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 04:37 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 04:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42118 |
Actions (login required)
View Item |