Analisis kandungan gizi dan uji aktivitas antioksidan pada susu kedelai (Glycine max L. Merril) dengan variasi penambahan biji klabet (Trigonella foenum-graceum L.)

Hasti, Gizka Anggita (2021) Analisis kandungan gizi dan uji aktivitas antioksidan pada susu kedelai (Glycine max L. Merril) dengan variasi penambahan biji klabet (Trigonella foenum-graceum L.). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy

Abstract

Kandungan gizi serta antioksidan pada kedelai dan biji klabet memiliki manfaat untuk menurunkan hiperkolesterolemia dan berpotensi dijadikan inovasi produk pangan berupa susu kedelai klabet yang baik untuk kesehatan. Kandungan rendah lemak pada susu kedelai menjadi keunggulan dibandingkan susu hewani, karena dapat dikembangkan menjadi susu rendah kolesterol. Penelitian pembuatan susu kedelai dilakukan dengan variasi penambahan biji klabet 10, 15, dan 20% dengan tujuan untuk mengetahui variasi penambahan terbaik pada susu kedelai klabet. Susu kedelai dengan variasi penambahan biji klabet selanjutnya dilakukan analisis proksimat yaitu analisis kadar protein dengan metode Kjeldahl, analisis kadar lemak dengan metode Soxhlet menggunakan pelarut n-hexana dan uji aktivitas antioksidan dengan metode DPPH (2,2-difenil-1- pikrilhidrazil) serta dilakukan uji organoleptik untuk mengetahui daya terima susu kedelai variasi penambahan klabet di masyarakat. Dari penelitian ini, didapatkan hasil susu kedelai dengan penambahan variasi biji klabet terbaik berdasarkan analisis gizi yaitu pada variasi 20%, dengan kadar protein sebesar 3% dan kadar lemak sebesar 1,85%. Variasi penambahan konsentrasi biji klabet terhadap susu kedelai memberikan pengaruh terhadap kandungan protein, lemak, dan aktivitas antioksidan yaitu semakin besar penambahan konsentrasi biji klabet terhadap susu kedelai semakin meningkatkan kadar protein dan aktivitas antioksidan serta menurunkan kadar lemak. Aktivitas antioksidan tertinggi yaitu pada susu kedelai dengan penambahan klabet sebanyak 20% sebesar 71,92%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Susu Kedelai; Biji Klabet; Analisis Proksimat; Aktivitas Antioksidan
Subjects: Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Gizka Anggita Hasti
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:48
Last Modified: 24 Aug 2021 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42127

Actions (login required)

View Item View Item