Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Home Visit hubungannya dengan motivasi belajar PAI dan budi pekerti : Penelitian pada siswa kelas VI SDN 1 Ciwaru Kabupaten Kuningan

Rismayani, Riska (2021) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Home Visit hubungannya dengan motivasi belajar PAI dan budi pekerti : Penelitian pada siswa kelas VI SDN 1 Ciwaru Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa di SDN 1 Ciwaru Kuningan menerapkan Metode Home Visit selama pandemi Covid-19, guna tercapainya tujuan pembelajaran. Secara garis besar, penerapan Metode Home Visit ini berjalan dengan baik dan siswa mengikutinya dengan baik pula. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai tanggapan siswa terhadap penerapan Metode Home Visit ini hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada bidang studi PAI dan Budi Pekerti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tanggapan siswa terhadap penerapan Metode Home Visit di kelas VI SDN 1 Ciwaru Kuningan (2) Motivasi belajar siwa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VI SDN 1 Ciwaru Kuningan. (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan Metode Home Visit dengan motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti di kelas VI SDN 1 Ciwaru Kuningan. Adanya tanggapan siswa terhadap suatu rangsangan mempengaruhi motivasi belajar siswa tersebut, maka munculah motivasi dalam dirinya untuk belajar. Maka dari itu, penelitian ini mengacu pada kerangka berpikir, jika tanggapan siswa terhadap penerapan Metode Home Visit tinggi maka motivasi belajar mereka pun tinggi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode Home Visit dengan Motivasi Belajar PAI dan Budi Pekerti mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Metode ini digunakan agar dapat menentukan hubungan antara kedua variabel. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik angket dan studi dokumentasi. Berdasar pada hasil analisis data diperoleh simpulan: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan Metode Home Visit (variabel X), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 4,48 yang termasuk ke dalam kategori sangat positif. (2) Realitas Motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa (variabel Y), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 4,51 yang termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. (3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan Metode Home Visit dengan Motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti, memperoleh angka koefisien 0,5108 yang berada dalam rentang interval 0,40 – 0,70 yang berarti hubungan tersebut termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Hasil pengujian hipotesis memperoleh t hitung (3,270) > t tabel (2,042) yang dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil koefisien korelasi memperoleh kadar pengaruh yakni sebesar 26,09% yang artinya terdapat 73,91% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Home Visit; Motivasi Belajar; PAI dan Budi Pekerti; Siswa
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:41
Last Modified: 25 Aug 2021 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42157

Actions (login required)

View Item View Item