Peran orang tua dalam membina pembelajaran daring PAI anak pada masa pandemi : Studi kasus siswa kelas 2 SDN Cangkuang 11

Febrianti, Indah (2021) Peran orang tua dalam membina pembelajaran daring PAI anak pada masa pandemi : Studi kasus siswa kelas 2 SDN Cangkuang 11. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Peran orang tua merupakan aspek yang paling penting dalam menunjang tumbuh kembang pendidikan anak. Semenjak adanya COVID-19, yang berdampak pada proses pendidikan pada sekolah formal dimana semua aspek dalam kegiatan belajar dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui peran orang tua saat pembelajaran PAI. 2) Untuk mengetahui proses pembelajaran daring PAI. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat peranan orang tua dalam membina pembelajaran daring PAI. 4) Untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran daring PAI di SDN Cangkuang 11. Secara konseptual, peran orang tua adalah aspek yang dinamis yang dijalankan oleh ayah dan ibu. Peran yang berarti perilaku antar pribadi, sifat, dan kegiatan yang yang berhubungan dengan pribadi dalam situasi tertentu. Pembelajaran daring adalah pemberlajaran yang dilakukan secara jarak jauh melalui perangkat teknologi internet atau pembelajaran yang dilakukan secara online. Pengertian Pendidikan Agama Islam secara umum merupakan suatu pembentukan perubahan sikap dan tingkah laku dari yang sebelumnya tidak tau menjadi tau, dari tidak baik menjadi baik sesuai dengan petunjuk tuntunan agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder diantaranya kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi secara langsung ke sekolah, wawancara kepada guru dan orang tua siswa, serta studi dokumentasi. Proses pengumpulan data 80% dilakukan secara daring demi menghindari kontak dengan banyak orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dan guru SDN Cangkuang 11 memanfaatkan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran. Orang tua memiliki peran sebagai perantara komunikasi antara guru dan siswa, pemberi contoh, penunang fasilitas belajar anak, petunjuk dalam membimbing anak, dan menjaga kesehatan anak terutama pada masa pandemic ini. Faktor yang menjadi pendukung adalah akses informasi yang lebih luas, teknologi yang menunjang, motivasi orang tua/guru dan sumber daya guru. Sedangkan faktor penghambatnnya yaitu koneksi internet dan fasilitas handphone yang terbatas, pandemi COVID-19, guru dan orang tua yang masih awam dengan teknologi, tingkat kemalasan belajar siswa yang meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua; Pembelajaran Daring
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Culture and Institutions > Family
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:07
Last Modified: 14 Sep 2021 05:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42161

Actions (login required)

View Item View Item