Isolasi Hidroksiapatit dari tulang sapi dengan variasi suhu Kalsinasi dan aplikasinya untuk penanganan metilen biru secara Fotokatalisis

Rahmawati, Nia (2020) Isolasi Hidroksiapatit dari tulang sapi dengan variasi suhu Kalsinasi dan aplikasinya untuk penanganan metilen biru secara Fotokatalisis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Salah satu dampak negatif perkembangan industri tekstil di Indonesia adalah timbulnya pencemaran lingkungan dari limbah cair industri tekstil yang masih mengandung zat organik seperti zat warna metilen biru. Penurunan kadar zat warna metilen biru dalam limbah cair dapat diupayakan dengan cara mendegradasi zat warna metilen biru melalui proses fotodegradasi dengan menggunakan fotokatalis. Pada penelitian ini telah dilakukan fotodegradasi zat warna metilen biru dalam limbah cair industri menggunakan fotokatalis dari hidroksiaptit yang diperoleh dari tulang sapi. Limbah tulang sapi di Indonesia jumlahnya sangat melimpah, oleh karena itu perlu pengolahan lebih lanjut agar limbah tidak terbuang sia-sia dan mencemari lingkungan. Limbah tulang sapi sebagai sumber Hidroksiapatit (HAp). Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengkarakterisai hidroksiapatit dari limbah tulang sapi. Hidroksiapatit dari limbah tulang sapi diisolasi dengan cara kalsinasi pada variasi suhu 800, 900, dan 1000°C selama 5 jam. Karakterisasi menggunakan XRD menunjukkan bahwa telah terbentuk hidroksiapatit kristalin dari hasil isolasi tulang sapi. Morfologi permukaan hidroksiapatit hasil isolasi dengan suhu kalsinasi 800℃ memiliki ukuran partikel sebesar 208,70 ± 0,2483 nm, HAp dengan suhu 900℃ memiliki ukuran partikel yaitu 276,02 ± 0,2415 nm, dan HAp dengan suhu 1000℃ memiliki ukuran partikel sebesar 693,53 ± 0,2665 nm. Pada aplikasi hidroksipatit terhadap dekolorisasi metilen biru, dilakukan beberapa variasi yaitu variasi massa, variasi waktu penyinaran dan variasi konsentrasi. Kondisi terbaik dalam menurunkan intensitas zat warna pada metilen biru adalah dengan suhu 800℃ sebanyak 250 mg terhadap larutan metilen biru 10 ppm sebanyak 20 mL selama 3 jam. Persen dekolorisasinya yaitu 98,64%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fotokatalis; Hidroksiapatit; Isolasi HAp; Limbah Tulang Sapi; Metilen Biru.
Subjects: Chemistry and Allied Science
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Nia Rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2021 05:25
Last Modified: 26 Aug 2021 05:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42172

Actions (login required)

View Item View Item