Pengaruh dana pihak ketiga dan nisbah bagi hasil terhadap pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah di PT. Bank Muamalat Indonesia periode 2013-2019

Ginanjar, Agung Wahyu (2021) Pengaruh dana pihak ketiga dan nisbah bagi hasil terhadap pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah di PT. Bank Muamalat Indonesia periode 2013-2019. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Bank syariah merupakan salah satu lembaga keuangan bank yang kegiatan operasional dan produknya dikembangkan berdasarkan prinsip syariah. Core product pembiayaan pada bank syariah adalah pembiayaan dengan menggunakan akad bagi hasil yang menerapakan prinsip profit and loss sharing yang dikembangkan dalam produk pembiayaan musyarakah dan mudharabah. Sesuai dengan tugasnya dalam menghimpun dana dari masyarakat, maka bank syariah berupaya untuk memperoleh dana tersebut sebesar-besarnya sebagai modal untuk menjalankan usahanya dalam bentuk giro, tabungan dan deposito. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah secara parsial; (2) Pengaruh Nisbah Bagi Hasil terhadap Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah secara parsial; (3) Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Nisbah Bagi Hasil terhadap Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah secara simultan. Dana Pihak Ketiga merupakan dana yang berasal dari pinjaman masyarakat berupa giro, deposito dan tabungan. Jika Dana Pihak Ketiga meningkat maka penyaluran dana dalam bentuk Mudharabah dan Musyarakah akan ikut meningkat. Selain itu bagi hasil yang memiliki tingkat nisbah yang tinggi sangat memikat minat nasabah, maka jika nisbah meningkat maka pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah ikut meningkat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis asumsi klasik dan analisis asosiatif. Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 23. Data yang digunakan adalah data sekunder dari website Bursa Efek Indomesia (www.idx.co.id). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Dana Pihak Ketiga secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah dengan thitung > ttabel (2,202 > 2,060) sehingga Ha diterima hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Khotimah (2016) dengan hasil dana pihak ketiga berpengaruh negatif terhadap pembiayaan bagi hasil. Nisbah Bagi Hasil berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah dengan thitung > ttabel (2,337 > 2,060) sehingga Ha diterima, penelitian ini selaras juga dengan penelitian yang dilakukan oleh Hidayat (2016) menyatakan nisbah bagi hasil berpengaruh negatif terhadap pembiayaan bagi hasil. Dana Pihak Ketiga dan Nisbah Bagi Hasil berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk peridoe 2013-2019. dengan Fhitung > Ftabel yaitu 6,629 > 3,39 sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dana Pihak Ketiga; Nisbah Bagi Hasil; Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Agung Wahyu Ginanjar
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:24
Last Modified: 26 Aug 2021 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42178

Actions (login required)

View Item View Item