Aktivitas belajar siswa melalui Google Classroom hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti : Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pangalengan

Husna, Sarah Nidaul (2021) Aktivitas belajar siswa melalui Google Classroom hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti : Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pangalengan. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Covet)
1_COVER.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang ada di SMP Negeri 1 Pangalengan yang sebelumnya dilakukan observasi dan wawancara dengan salah satu guru PAI di SMP Negeri 1 Pangalengan mengenai aktivitas belajar peserta didik melalui google classroom cukup bagus. Dilihat dari intensitas dan respon pada proses belajar siswa melalui media pembelajaran Google Classroom juga hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar peserta didik melalui google classroom dengan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) realita aktivitas belajar peserta didik melalui google classroom dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, 2) realita hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, 3) realita hubungan antara aktivitas belajar peserta didik melalui google classroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas belajar peserta didik, maka semakin baik hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif korelasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian analisis data dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, disimpulkan bahwa 1) Aktivitas belajar peserta didik melalui google classroom termasuk pada interpretasi cukup. Berdasarkan skor perhitungan angket dengan rata-rata 2,85. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti termasuk pada interpretasi baik dengan nilai rata-rata 75. 3) Hubungan antara aktivitas belajar peserta didik melalui google classroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan perhitungan koefisien korelasi termasuk sangat kuat dengan korelasi sebesar 0,90. Kemudian pada uji hipotesis didapatkan hasil hipotesis diterima, semakin tinggi aktivitas belajar peserta didik melalui google classroom, maka semakin baik pula hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hal itu berdasarkan pengujian hipotesis yaitu (3,55) lebih besar dari 2,02. Sedangkan dari hasil koefisien korelasi yang didapat, maka kadar pengaruh yakni 88 % artinya masih terdapat 12 % faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Goggle Classroom; Hasil Belajar Kognitif; PAI dan Budi Pekerti;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sarah Nidaul Husna
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:39
Last Modified: 26 Aug 2021 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42195

Actions (login required)

View Item View Item