Persepsi siswa terhadap bimbingan belajar orangtua selama pandemi hubungannya dengan motivasi belajar PAI : Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi

Lubis, Yusuf Pardamean Syarif (2021) Persepsi siswa terhadap bimbingan belajar orangtua selama pandemi hubungannya dengan motivasi belajar PAI : Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMPN 1 Cileunyi, menunjukkan bahwa peran orangtua masih belum maksimal dalam memberikan bimbingan belajar kepada siswa pada masa pandemi ini. Menyebabkan tidak sedikit siswa keaktifannya menjadi berkurang dalam pembelajaran PAI. Begitu juga dalam menanggapi materi ataupun mengerjakan soal yang diberikan tiap minggunya, partisipasi dari siswa terbilang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap bimbingan belajar orangtua kelas VIII SMPN 1 Cileunyi selama masa pandemi 2) Untuk mengetahui motivasi belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi selama masa pandemi 3) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa mengenai bimbingan belajar orangtua selama masa pandemi dengan motivasi belajar PAI mereka di SMPN 1 Cileunyi Berdasarkan dari kerangka teori bahwa tinggi rendahnya motivasi siswa dipengaruhi oleh persepsi mereka terhadap bimbingan belajar yang diberikan orangtua. Motivasi belajar adalah daya penggerak siswa dalam melakukan setiap kegiatan belajar. Maka persepsi yang dimilki siswa terhadap bimbingan orangtua merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan motivasi belajar. Langkah-langkah penelitian ini adalah : 1) Pendekatan kuantitatif dengan mengguakan metode assosiatif korelasi. 2) Responden 40 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi. 3) Teknik pengumpulan data observasi : angket atau kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. 4) Analisis data penelitian menggunakan ananlisis parsial dan korelasional. Hasil analisis menunjukkan 1)Persepsi siswa terhadap bimbingan belajar orangtua selama pandemi berkategori tinggi karena memperoleh nilai 3,76 yang berada di interval 3,40-4,19. 2)Motivasi belajar pai siswa berkategori tinggi karena memperoleh nilai 3,69 yang berada di interval 3,40-4,19. 3) Hubungan antara persepsi siswa terhadap bimbingan belajar orangtua selama pandemi dengan motivasi belajar PAI (penelitian pada siswa Kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung) diperoleh hasil korelasi berkategori sedang karena memperoleh nilai 0,55 yang berada pada interval 0,40-0,60. Adapun hasil hipotesis yang diterima adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang bimbingan belajar orangtua dengan motivasi belajar PAI siswa di SMPN 1 Cileunyi (Ha) yang diajukan oleh peneliti karena diperoleh hasil Thit (4,08) > Ttab (2,02). Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,30%. Ini menunjukkan masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi sebesar 0,70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar; orangtua; motivasi belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusuf Pardamean
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:45
Last Modified: 31 Aug 2021 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42215

Actions (login required)

View Item View Item